117 Pemdes Alokasikan Pengadaan Randis

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Kusram Marol

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sebanyak 117 kepala desa (Kades) di Kolaka Timur (Koltim) akan memiliki kendaraan dinas (Randis) operasional dalam mendukung kinerja dan pelayanan pada masyarakat. Ratusan Pemerintah Desa (Pemdes) telah mengalokasikan dana pembelian kendaraan motor itu melalui alokasi dana desa (ADD) tahun 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Kusram Maroli, membenarkan program tersebut. Ia menjelaskan, dana pengadaan Randis Kades itu sudah masuk dalam perencanaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun ini.

"Pantauan kami, sudah sekitar 50 persen lebih Kades yang mentransfer biaya pengadaan motor dinas tersebut. Rata-rata kepala desa membeli motor jenis trail dan matic. Mudah-mudahan bisa membantu pelayanan masyarakat di desa," kata Kusram Maroli, Senin (22/4).

Ia mengaku, pengadaan Randis Kades itu atas permintaan saat musyawarah perencanaan pembangunan daerah di 12 kecamatan.

"Usulan tersebut kami masukkan dalam program prioritas desa untuk dialokasikan melalui ADD dan dana tambahan dari APBD Koltim. Kami hanya memberikan edukasi dan pendidikan cara pengadaan motor dinas tersebut," pungas Kusram Maroli. (c/kus)

  • Bagikan