Harmin Panen Padi di Tawamelewe

  • Bagikan
PANEN AWAL : Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba (Kelima dari kanan) ketika menghadiri panen perdana padi petani di Desa Tawamelewe. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba melakukan panen padi di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai. Dalam kesempatan itu ia memuji ketekunan para petani setempat. Sebab, meskipun sebagian wilayah Konawe belum memasuki musim panen, namun petani Tawamelewe justru telah menuai padi lebih awal.

“Inilah yang kita Harmin Panen Padi di Tawamelewe katakan Kota Padi dan sangat berharga apalagi situasinya belum memasuki panen raya. Tentunya kami sangat mengapresiasi ketekunan petani desa Tawamelewe dalam mengolah sawah,” ujar Harmin Ramba, Sabtu (20/4).

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol Sultra tersebut berharap, beras yang ditanam dan dihasilkan petani Konawe bisa diekspor. Sehingga, harga jualnya bisa lebih baik.

“Dengan nilai jual yang tinggi, petani kita akan merasakan kesejahteraan,” sambungnya.

Harmin Ramba menuturkan, pemerintah saat ini sudah menyiapkan tim khusus di bidang pangan yang bertugas memastikan tidak ada lagi lahan tidur. Termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. Ia pun berjanji untuk mewujudkan hilirisasi pertanian di Konawe.

“Lahan sekira 300 hektare yang ada akan digunakan untuk pabrik beras. Kemudian, itu pasti memunculkan pabrik tepung beras, pakan, pupuk dan sebagainya. Itulah namanya hilirisasi pertanian,” imbuhnya. (c/adi)

  • Bagikan