Bergerak Bersama, Keluarga Sejahtera

  • Bagikan
Dari kiri : Pj Ketua PKK Konawe Trinop Tijasari Harmin, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio, Pj Ketua PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio dan Anggota DPR RI Tina Nur Alam dalam upacara peringatan HKG ke-52 PKK di lapangan kantor Bupati Konawe, Minggu (21/4/2024).

-- PKK Sultra Sukses Gelar HKG ke-52 dan Jambore PKK

KEDARIPOS.CO.ID - Kepemimpinan Hj Wa Ode Munanah Asrun Lio menakhodai Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sultra sangat mumpuni. Terbukti, peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK tingkat Provinsi Sultra yang dirangkaikan Jambore Kader PKK tahun 2024 sukses dilaksanakan. Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio berkolaborasi dengan tuan rumah Pj Ketua TP PKK Konawe Trinop Tijasari Harmin berhasil mendesain jambore PKK berlangsung meriah dan peringatan HKG ke-52 bertepatan Hari Kartini 21 April 2024

Pengurus dan kader PKK se-Sultra usai upacara peringatan HKG ke-52 PKK
di lapangan kantor Bupati Konawe, Minggu (21/4/2024).

Upacara peringatan HKG PKK digelar di lapangan kantor Bupati Konawe, Minggu (21/4/2024). Kesuksesan peringatan HKG ke-52 dan jambore PKK itu menjadi indikator kesuksesan komitmen Pj Ketua TP PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio untuk menjadikan PKK berada dalam bingkai persatuan dan kebersamaan. Seluruh pengurus dan kader PKK se-Sultra berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Wa Ode Munanah Asrun Lio mengapresiasi partisipasi kader PKK yang memberikan semangat baru dalam menyukseskan program-program pemerintah. " kemajuan program PKK di Sultra terus meningkat dari tahun ke tahun, yang dibuktikan dengan banyak prestasi dan penghargaan yang diraih di tingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Wa Ode Munanah Asrun Lio

Menurutnya, kader PKK berperan strategis dalam mendukung program kerja pemerintah. "Gerakan PKK dipandang sebagai gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif. Melalui sinergi dengan pemerintah, PKK dapat mendukung program kerja pemerintah hingga tingkat keluarga, meningkatkan kesejahteraan, dan memberdayakan perempuan,"jelas Wa Ode Munanah Asrun Lio.

Istri Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio itu menekankan pentingnya memantapkan pemahaman mengenai filosofi PKK, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah, serta pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK tahun 2021-2024 yaitu Terwujudnya Keluarga Cerdas, Berdaya, Beriman dan Bertakwa Menuju Indonesia Maju 2024,"pungkasnya.

 
Pj Ketua PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio (4 dari kanan) dan Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio (4 dari kiri) bersama para pemenang lomba Jambore PKK.
 

Sementara itu, Sekda Sultra Asrun Lio, mewakili Pj Gubernur Sultra, mengatakan peringatan HKG PKK menjadi momentum penting untuk meningkatkan peran PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga hingga ke tingkat terkecil seperti dasawisma.

"Mari manfaatkan momentum ini untuk lebih memacu diri dalam semangat kebersamaan dalam meningkatkan kapasitas masingmasing," ujar Sekda Asrun Lio.

PKK diharapkan mampu menjadi pelopor dan pembaharu dengan pendekatan pemberdayaan keluarga yang berbasis partisipatif masyarakat. "Sehingga PKK dapat mendukung pelaksanaan program kerja pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ungkap Sekda Asrun Lio.

Pj Ketua PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio (kanan) dan Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio (kiri) menyerahkan trofi juara umum jambore kepada Pj Ketua PKK Kota Kendari Ira Willis Kesumadoty.

Untuk diketahui, jambore PKK dalam rangka HKG ke 52 PKK tingkat Provinsi Sultra di Konawe sudah berakhir. PKK Kota Kendari meraih gelar juara umum jambore. PKK Kabupaten Kolaka Utara menjadi tuan rumah Jambore PKK tingkat Provinsi Sultra tahun 2025. (rah/b/adv)

PEMENANG LOMBA JAMBORE PKK
TINGKAT PROV.SULTRA TAHUN 2024

  1. Lomba Devile/Parade Nusantara
    Juara I : TP PKK Kabupaten Wakatobi
    Juara II : TP PKK Kota Kendari
    Juara III : TP PKK Kabupaten Konawe Utara
    Juara Harapan I : TP PKK Kabupaten Konawe Selatan
    Juara Harapan II : TP PKK Kabupaten Buton Selatan
    Juara Harapan III : TP PKK Kabupaten Konawe
  2. Lomba Paduan Suara
    Juara I : TP PKK Kota Kendari
    Juara II : TP PKK Kota Bau-bau
    Juara III : TP PKK Kabupaten Kolaka Utara
    Juara Harapan I : TP PKK Kabupaten Bombana
    Juara Harapan II : TP PKK Kabupaten Kolaka Timur
    Juara Harapan III : TP PKK Kabupaten Konawe
  3. Lomba Cerdas Cermat
    Juara I : TP PKK Kabupaten Muna
    Juara II : TP PKK Kabupaten Konawe Utara
    Juara III : TP PKK Kabupaten Konawe
    Juara Harapan I : TP PKK Kabupaten Buton
    Juara Harapan II : TP PKK Kabupaten Kolaka Utara
  4. Lomba Jingle Galeri Pelangi
    Juara I : TP PKK Kabupaten Buton Tengah
    Juara II : TP PKK Kota Kendari
    Juara III : TP PKK Kabupaten Kolaka Utara
    Juara Harapan I : TP PKK Kabupaten Buton Selatan
    Juara Harapan II : TP PKK Kabupaten Kolaka Timur
    Juara Harapan III : TP PKK Kabupaten Bombana
  5. Lomba Masak Non Beras (pangan lokal)
    Juara I : TP PKK Kabupaten Buton Utara
    Juara II : TP PKK Kabupaten Muna
    Juara III : TP PKK Kabupaten Konawe Utara
    Juara Harapan I : TP PKK Kabupaten Wakatobi
    Juara Harapan II : TP PKK Kota Kendari
    Juara Harapan III : TP PKK Kabupaten Kolaka
  6. Lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan
    Juara I : TP PKK Kabupaten Konawe
    Juara II : TP PKK Kabupaten Kolaka Utara
    Juara III : TP PKK Kabupaten Buton Selatan
    Juara Harapan I : TP PKK Kabupaten Kolaka
    Juara Harapan II : TP PKK Kota Kendari
    Juara Harapan III : TP PKK Kota Bau-bau

SUMBER : TP PKK PROV.SULTRA

  • Bagikan