Andi Makkawaru Berkarya, Kolaka Raih Prestasi

  • Bagikan
Pj. Bupati Kolaka Andi Makkawaru (3 dari kanan) saat menghadiri verifikasi lapangan lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Puuroda. (ZULFADLI NUR/KENDARI POS)
Pj. Bupati Kolaka Andi Makkawaru (3 dari kanan) saat menghadiri verifikasi lapangan lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Puuroda. (ZULFADLI NUR/KENDARI POS)

--Kampung KB Desa Puuroda Wakili Sultra di Tingkat Nasional

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sejak dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kolaka pada pertengahan Januari 2024 lalu, Andi Makkawaru langsung bergerak cepat untuk memberikan yang terbaik bagi Bumi Mekongga. Hasilnya, baru 3 bulan menjabat, banyak prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka dalam komando Pj Bupati Andi Makkawaru.

Pj Bupati Andi Makkawaru berkarya, Kabupaten Kolaka meraih prestasi. Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Puuroda Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka ditetapkan sebagai Kampung KB yang terbaik di Sultra.

Kepastian tersebut disampaikan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sultra melalui surat bernomor 1016/ PD.05/J/2024, per tanggal 17 April 2024. Dalam surat yang ditujukan kepada Bupati Kolaka tersebut disampaikan Kampung KB Puuroda Tanah Makmur Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka sebagai juara 1 lomba penguatan Kampung KB tingkat Provinsi Sultra tahun 2024.

Sebelumnya, pada 2 pekan lalu Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra telah melakukan kunjungan dan penilaian di Kampung KB Desa Puuroda.

Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kolaka Hj.Andi Wahidah mengungkapkan, prestasi tersebut diraih berkat arahan Pj Bupati Kolaka Andi Makkawaru dan kerja sama sejumlah pihak. Kata dia, dengan capaian tersebut maka Kampung KB Kabupaten Kolaka dapat kembali menjadi yang terbaik se-Sultra. “Tahun 2023 lalu, Kampung KB di Desa Tanggeau, Kecamatan Polinggona juga juara 1 di tingkat provinsi,” ujarnya, Minggu (21/4/2024).

Wanita yang juga menjabat Asisten III Setda Kolaka tersebut, mengatakan, dengan capaian tersebut maka Kampung KB Desa Puuroda akan mewakili Sultra di tingkat nasional. “Harapannya, semoga di tingkat nasional nanti Kampung KB Desa Puuroda minimal bisa masuk tiga besar,” ungkap Andi Wahidah.

Agar target tersebut dapat terealisasi, maka kata Wahidah pihaknya akan memaksimalkan persiapan. “Persiapan-persiapan untuk mengikuti lomba tingkat nasional adalah melakukan pembenahan yang menurut tim penilaian perlu ditingkatkan, serta meningkatkan keterlibatan intervensi OPD dan stakeholder sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal,” bebernya.

Andi Wahidah menambahkan, menurut tim penilai ada beberapa keunggulan yang dimiliki Kampung KB Desa Puuroda dibanding Kampung KB di daerah lain di Sultra. Adapun keunggulan tersebut yaitu adanya komitmen pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dan dukungan pihak swasta dalam pengelolaan Kampung KB.

Selain itu, Kampung KB Desa Puuroda juga mempunyai sarana literasi berupa perpustakaan desa. Di samping itu, sumber pelaksanaan kampung KB tidak hanya mengandalkan bantuan operasional kegiatan sub bidang KB. “Terdapat sumber pendanaan APBD berupa pelaksanaan dan pengelolaan program Bangga Kencana di Kampung KB. Pembinaan terpadu kampung KB. Integrasi pembangunan lintas sektor di Kampung KB,”tutur Andi Wahidah.

Menurutnya, pengembangan Kampung KB berupa pembentukan Kampung KB target telah tercapai dan telah dilaporkan dalam website kampung KB. Ada juga inovasi penyediaan data dan dokumen kependudukan berupa digitalisasi data Rumah Data Kependudukan.

“Adanya penyediaan akses perumahan dan infrastruktur permukiman yang layak huni berupa fasilitas bedah rumah atap, lantai, dan dinding yang bersumber dari dana desa dan Dinas PUPR Kabupaten Kolaka. Termasuk pemberdayaan ekonomi keluarga mendapatkan dukungan usaha berupa intervensi bantuan CSR bagi kelompok petani,” pungkas Andi Wahidah. (fad/b)

  • Bagikan