Wawonii Festival Mancing Kembali Dihelat

  • Bagikan
Mahmud

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dengan potensi sumber daya maritim yang memadai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) berupaya meningkatkan sektor tersebut, termasuk pertumbuhan pariwisata. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Wawonii Festival Mancing 2024 pada tanggal 26 hingga 28 April mendatang di Pantai Kampa.

Ketua Panitia Wawonii Festival Mancing 2024, Mahmud, mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan hari jadi ke-11 Konkep. Termasuk sebagai media mempromosikan sektor kelautan dan pariwisata yang dimiliki daerah berjuluk Pulau Kelapa tersebut.

“Kegiatan festival mancing ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun. Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaannya,” jelas Mahmud, Jumat (19/4).

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep tersebut menambahkan, festival mancing juga dijadikan wadah untuk memberikan edukasi kepada para nelayan untuk menangkap ikan dengan cara yang ramah lingkungan dan menjaga kelestarian ekosistem laut.

“Tentu sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi para angler pencinta mancing se-Sulawesi. Potensi yang kita miliki di sektor kelautan sangat besar dan melimpah. Tapi jika potensi laut yang besar, kaya dan melimpah ini tidak dijaga, maka ekosistem akan rusak, berakibat pada hilang serta matinya ikan-ikan di perairan Pulau Wawonii ini. Sehingga ini wajib kita jaga, lindungi dan lestarikan ekosistem laut kita ini,” tegasya.

Mahmud menjelaskan, festival mancing itu dibuka untuk masyarakat umum dan pendaftarannya telah dimulai sejak tanggal 16 hingga 22 April nanti. Para peserta akan memerebutkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah.

“Tahun lalu peserta mancing modern dan mancing tradisional itu lebih dari 400 peserta. Eventnya kita gelar se-Indonesia. Sat ini sudah ada pendaftar dari Bali. Kita berharap pesertanya akan jauh lebih banyak. Nantinya perlombaan ini akan dibagi dalam dua kategori yakni mancing modern dan tradisional,” sambungnya.

Mahmud berharap, dengan digelarnya Wawonii Festival Mancing 2024, bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara menikmati indahnya laut, pantai, maupun spot-spot wisata lainnya yang ada di Konkep. (b/jib)

  • Bagikan