Serahkan LKPj 2023,Harap Rekomendasi Membangun

  • Bagikan
EVALUASI : Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah (tengah) menyalami para pejabat dalam agenda penyerahan LKPj tahun 2023 kepada pihak DPRD, kemarin. (DISKOMINFO KABUPATEN BUTON UTARA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dokumen laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) tahun 2023 diserahkan Bupati, Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah dalam rapat paripurna legislatif. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Butur, H. Muhammad Rukman Basri Zakaria, menerima langsung laporan tersebut, Jumat (19/4).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Zakariah menjelaskan, dokumen LKPj diserahkan untuk kemudian dibahas DPRD. Harapannya, ada rekomendasi yang bersifat membangun demi perbaikan dalam pelaksanaan pemerintahan ke depan.

“Sementara pertanggungjawaban keuangan secara rinci akan disampaikan pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) setelah audit dari BPK selesai dilakukan,” jelas Ridwan Zakariah, kemarin.

Dijelaskan, peningkatan kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia dilakukan untuk mendorong produktivitas untuk transformasi ekonomi berkelanjutan. Hal tersebut menjadi fokus prioritas pembangunan yang kemudian diimplementasikan dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui APBD tahun 2023.

Dipaparkannya, sesuai data BPS, indeks pembangunan manusia (IPM) di Butur selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan. Jika tahun 2021 sebanyak 68,85, meningkat menjadi 69,17 pada tahun 2022 dan di 2023 menjadi 69,25.

“Sedangkan angka kemiskinan dalam tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan. Dari 14,89 persen tahun 2021, turun 14,25 persen tahun 2022 dan 2023 lalu menjadi 14,6 persen,” rinci Butur-1 tersebut.

Bupati menginstruksikan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah agar mengikuti proses pembahasan dengan saksama, sebagai bagian evaluasi dalam mencapai indikator yang sudah dituangkan dalam perjanjian kinerja daerah. (b/had)

  • Bagikan