Selaraskan Target Pembangunan Daerah

  • Bagikan
SELARASKAN PROGRAM : Jajaran Pejabat Pemkab Butur ketika mengikuti Rakortekrenbang yang digelar Pemprov Sultra dan dikoordinir Kepala Bappeda, Zainal Arifin HZ. (DISKOMINFO KABUPATEN BUTON UTARA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan penyelarasan target dan prioritas pembangunan nasional hingga daerah. Pemkab baru saja mengikuti rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan (Rakortekrenbang) yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Bappeda Butur, Zainal Arifin HZ, memaparkan, mekanisme pembahasan Rakortekrenbang tersebut membahas terkait desk indikator penyelenggaraan urusan dan nonurusan (wajib pelayanan dasar, pilihan dan pemerintahan umum).

“Juga menyangkut kewilayahan soal usulan prioritas kabupaten dan kota yang menjadi kewenangan Pemprov Sultra,” jelasya, kemarin.

Sebelumnya, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Asrun Lio, menegaskan, koordinasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota penting dilakukan untuk mencapai sasaran pembangunan. “Semua adalah satu kesatuan yang harus diselaraskan dengan baik,” katanya, menekankan.

Ada beberapa isu strategis yang menjadi fokus pembahasan dalam Rakortekrenbang tersebut. Mulai dari penuntasan kemiskinan ekstrem dan penurunan prevalensi stunting, pengendalian inflasi, penerapan standar pelayanan minimal (SPM), khususnya dalam memastikan layanan publik yang berkualitas bagi masyarakat.

“Juga menyangkut penurunan tingkat pengangguran terbuka, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, memerhatikan tata kelola pemerintahan yang baik,” ulas Asrun Lio. Rakortekrenbang tersebut diharapkan dapat menyusun program dan kegiatan prioritas yang tepat dan terukur, serta berdampak pada hasil dalam pencapaian sasaran pembangunan nasional tahun 2025 mendatang. (b/had)

  • Bagikan