Parade Budaya Meriahkan Jambore PKK

  • Bagikan
Parade budaya nusantara memeriahkan pembukaan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sultra tahun 2024 di Kabupaten Konawe, Jumat (19/4/2024).
Parade budaya nusantara memeriahkan pembukaan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sultra tahun 2024 di Kabupaten Konawe, Jumat (19/4/2024).

--Sekda Sultra Apresiasi Partisipasi Kepala Daerah dan TP PKK se-Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Jambore Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sultra tahun 2024 di Konawe dimulaui Jumat (19/4/2024). Defile parade budaya yang diikuti kafilah dari 17 PKK kabupaten/kota se-Sultra, menjadi penampilan pembuka kemeriahan jambore PKK.

Dalam parade itu, 17 kontingen PKK se-Sultra menampilkan kekayaan budaya daerah masing-masing. Misalnya, mengenakan kostum tradisional yang memukau dengan corak khas daerah masing-masing. Peserta pawai budaya dilepas Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan dari lapangan sepakbola Monapa dan finish di pelataran kantor Bupati Konawe dan diterima oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio yang didampingi Pj Ketua TP PKK Konawe Trinop Tijasari Harmin.

Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio mewakili Pj Gubernur Andap Budhi Revianto, mengapresiasi terselenggaranya jambore PKK Sultra tahun 2024 di Konawe. Terlebih, berkat dukungan penuh para kepala daerah dan TP PKK se-Sultra, kegiatan rutin tahunan tersebut dapat terlaksana dengan semarak.

"Kami juga memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada TP PKK Konawe selaku tuan rumah pelaksanaan jambore pada tahun ini. Termasuk, TP PKK Sultra dan pengurus yang telah mempersiapkan segala kebutuhan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan penuh kemeriahan," kata Sedka Asrun Lio saat pembukaan jambore PKK Sultra tahun 2024.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio menjelaskan, jambore kader PKK merupakan momentum paling strategis bagi segenap kader dan pengurus PKK untuk saling bersilaturahmi, bertukar informasi, menambah wawasan dan bertukar pikiran.

Oleh karena itu, pada jambore kali ini juga diisi dengan 6 kegiatan lomba yang diikuti PKK dari 17 kabupaten/kota se-Sultra. Yakni, lomba parade budaya nusantara, lomba paduan suara, lomba cerdas cermat, lomba tari kreasi, lomba kreasi jingle galeri pelangi, serta lomba masak menu pangan lokal sumber karbohidrat non beras.

"Bagi daerah yang meraih juara 1 pada setiap jenis lomba tersebut, akan mewakili TP PKK Sultra pada jambore tingkat nasional di Kota Surakarta, 15-16 Mei 2024. Untuk itu, saya berharap TP PKK kabupaten/kota agar dapat mengikuti lomba ini dengan semangat dan rasa kekeluargaan," harap Wa Ode Munanah.

Di tempat yang sama, Pj Ketua TP PKK Konawe Trinop Tijasari Harmin mengatakan, parade budaya merupakan salah satu item kegiatan yang diperlombakan pada jambore PKK Sultra tahun 2024. Pawai budaya, sebutnya, membawa pesan persatuan dan kebersamaan yang menjadi bagian penting dari keberagaman seni dan budaya yang ada di Sultra.

"Kita ingin mengajak seluruh masyarakat Sultra pada umumnya dan masyarakat kabupaten Konawe khususnya, untuk bersatu padu dalam keberagaman. Menguatkan tali persaudaraan, serta memperkokoh semangat gotong royong," ujar Trinop Tijasari Harmin, Jumat (19/4/2024).

Trinop Tijasari juga menuturkan, tak hanya sebagai ajang untuk merayakan keberagaman budaya, jambore PKK Sultra dapat menjadi wadah untuk mempererat solidaritas antar masyarakat. Terkhusus, menjadi sarana untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader PKK se-Sultra.
Selain itu, untuk meningkatkan motivasi dan kinerja kader dalam menunjang terwujudnya kader yang sehat dan sejahtera. Termasuk, memberikan kesempatan bagi kader untuk saling berbagi pengalaman.

"Jambore PKK ini merupakan kegiatan kader PKK yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi kader dalam melakukan berbagai hal. Dengan demikian, kader PKK dapat lebih tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan," ungkapnya.

Trinop menambahkan, semangat persatuan yang terpancar dari penampilan kafilah PKK 17 kabupaten/kota se-Sultra, dapat terus menginspirasi dan membawa dampak positif bagi kemajuan bangsa dan daerah serta negara.

"Jadi ini bukan hanya menjadi acara hiburan semata. Akan tetapi, juga menjadi momentum berharga untuk merayakan kekayaan budaya Indonesia sambil memperkuat jalinan persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Trinop menerangkan, TP PKK juga perlu merencanakan, melaksanakan langkah konkret untuk memperkuat organisasi PKK sebagai lembaga masyarakat yang andal. Penguatan kelembagaan PKK tersebut harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan TP PKK itu sendiri. "Pelaksanaan jambore ini, kita harapkan para kader dan pengurus PKK bisa termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan," tandasnya.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengapresiasi Pj Ketua TP PKK Sultra Wa Ode Munanah yang telah mempercayakan Konawe sebagai tuan rumah penyelenggaraan jambore PKK Sultra tahun 2024.

"Ini kebanggaan bagi Konawe. Sebab, sejak 12 tahun pelaksanaannya, baru tahun ini Jambore PKK tingkat provinsi digelar di Konawe. Tentunya harapan kita semua, jambore ini bisa menjadi wadah untuk menyatukan seluruh kader PKK kabupaten/kota se-Sultra," ujar Harmin Ramba. (adi/b)

  • Bagikan