Kendari Terbaik di Regional Sulawesi

  • Bagikan
HASIL MCP KPK : Inspektur Kota Kendari, Sri Yusnita (kanan) menerima piagam penghargaan MCP dari KPK, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)
HASIL MCP KPK : Inspektur Kota Kendari, Sri Yusnita (kanan) menerima piagam penghargaan MCP dari KPK, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

--Monitoring Centre Of Prevention KPK

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam mencegah tindakan korupsi patut diapresiasi. Dari hasil monitoring centre of Prevention Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2023, Kota Kendari menjadi yang terbaik di regional Sulawesi. Secara nasional, Kendari menempati urutan ke-60 dari lebih 500 Pemda di Indonesia.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup bersyukur, Kota Kendari berhasil menjadi yang terbaik dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan.

“MCP ini sebenarnya bagian dari upaya KPK mengawasi jalannya pemerintahan. Komisi anti rasuah memastikan apa yang kita kerjakan sudah benar dan sesuai prosedur,” ungkap Muhammad Yusup kemarin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini menambahkan, capaian ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk meningkatkan pelayanan.

Terpisah, Kepala Inspektorat Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan penghargaan MCP diserahkan langsung oleh Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK Tri Budi Rochmanto.

“Ini merupakan kerja-kerja seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dalam pemenuhan data MCP dan atas dukungan serta arahan pak Pj Wali Kota dan pak Sekda Kota Kendari,” ungkapnya.

“Raihan MCP Kota Kendari tahun 2023 masuk posisi 60 dari 500 lebih Pemda se Indonesia dan menduduki posisi pertama di regional Sulawesi dan Sultra,” tambahnya.

Sri Yusnita tidak menyebut angka capaian MCP Kota Kendari. Yang jelasnya, ada tujuh area MCP tahun 2023 mencapai standar penilaian yang meliputi perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, manajemen ASN, pelayanan perizinan, optimalisasi pajak daerah, pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dan pengawasan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

“Raihan MCP Kota Kendari tahun 2023 masuk posisi 60 dari 500 lebih Pemda se Indonesia dan menduduki posisi pertama di regional Sulawesi dan Sultra,” ujarnya. (b/ags)

  • Bagikan