APBD Rp 4,6 Triliun, Programkan Tunjangan Lansia

  • Bagikan
SALURKAN BANTUAN : Bupati Konut, H. Ruksamin (kiri) saat menyerahkan bantuan untuk pembangunan pondok pesantren di Kecamatan Motui, dalam rangkaian safari Ramadan. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) berencana memprogramkan bantuan khusus bagi warganya yang lanjut usia (Lansia). Itu setelah kemampuan fiskal daerah mengalami peningkatan. Alokasi pemerintah untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Konut mencapai Rp 4,6 triliun setelah penetapan dana bagi hasil (DBH).

"Kenaikan ini merupakan bagian dari doa dan kerja keras masyarakat Konut. Semoga ini menjadi keberkahan bagi semua. Sehingga sebagai bentuk apresiasi atas kenaikan APBD, kami sedang mengkaji kemungkinan memberikan tunjangan bulanan kepada Lansia yang berumur 61 tahun ke atas," gagas Bupati Konut, Ruksamin, saat melakukan safari Ramadan di Kelurahan Bende, Kecamatan Motui, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, bupati dua periode itu turut menyalurkan bantuan 40 paket bahan pokok pada masyarakat kurang mampu di wilayah Motui. Bantuan yang didistribusikan sebagai simbol pelayanan dan kepekaan Pemkab Konut terhadap warganya. "Semoga paket ini memberikan keringanan buat keluarga, dibulan suci Ramadan," sambungnya.

Ketua DPW PBB Sultra itu juga turut menyalurkan bantuan pembangunan rumah ibadah maupun pondok pesantren. Bantuan tersebut juga berlaku pada hampir semua kecamatan. Di Kecamatan Motui mendapat alokasi hingga Rp 550 juta. Ruksamin mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa membayar zakat fitrah sebagai wujud kepedulian sosial dan agama yang wajib dilakukan. (c/min)

  • Bagikan