Menkeu Sri Mulyani Laporkan Dugaan Korupsi di LPEI

  • Bagikan
Menteri Keuangan Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Buharnuddin untuk membahas dugaan korupsi di LPEI di Kejaksaan Agung. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
Menteri Keuangan Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Buharnuddin untuk membahas dugaan korupsi di LPEI di Kejaksaan Agung. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

--Diduga Rugikan Keuangan Negara Rp2,5 Triliun

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan adanya praktik dugaan korupsi pada empat perusahaan yang menjadi debitur di Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Pelaporan itu dilayangkan Sri Mulyani ke Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, pada Senin (18/3/2024).

Pelaporan itu diserahkan langsung Sri Mulyani kepada Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Menurut Sri Mulyani, dirinya secara khusus membahas dugaan korupsi pengunaan dana di LPEI. “Hari ini kita khusus membahas LPEI,” kata Sri Mulyani, kemarin.

Sri Mulyani menjelaskan, pihaknya menerima adanya laporan kredit bermasalah di LPEI dengan empat perusahaan sebagai debitur, yang diduga melakukan penyimpangan. Karena itu, Sri Mulyani meminta Kejaksaan menindaklanjuti dugaan korupsi itu.

“Ini agar mandat LPEI untuk menyalurkan pembiayaan di bidang ekspor dan juga bahkan melakukan asuransi penjaminan dilakukan dengan tata kelola yang baik, profesional dan dengan integritas,” tegas Sri Mulyani.

Sementara itu, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengakui membahas persoalan dugaan korupsi yang terjadi di LPEI. Menurutnya, praktik korupsi itu terjadi sudah cukup lama.

“Ada hal yang memerlukan penjelasan juga kepada teman-teman wartawan antara lain adalah dugaan tindak pidana korupsi atau fraud dalam pemberian fasilitas kredit LPEI yang mana sebenernya tindakan ini sudah cukup lama,” ungkap Burhanuddin.

Burhanuddin menduga, nilai dugaan korupsi itu merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,5 triliun. Ia menyebut, terdapat empat perusahaan di LPEI yang diduga melakukan penyimpangan. “Jumlah keseluruhannya adalah sebesar Rp2.505.119.000.000, temanteman itu yang tahap pertama. Nanti ada tahap keduanya,” ucap Burhanuddin.

Burhanuddin pun memastikan akan menindaklanjuti dugaan korupsi yang terjadi di LPEI. Ia pun menyebut, pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tengah melakukan pemeriksaan terkait nilai dugaan korupsi itu.

“Saya ingin mengingatkan kepada yg sedang dilakukan pemeriksaan oleh BPKP, tolong segera tindaklanjuti ini, daripada ada perusahaan ini nanti akan kami tindaklanjuti secara pidana. Sampai saat ini masih pemeriksaan,” pungkas Burhanuddin. (jpg)

  • Bagikan