Kualitas Demokrasi Menurun

  • Bagikan
Profil Bivitri Susanti, Srikandi Hukum Tata Negara Indonesia yang Bongkar Kecurangan Pemilu Lewat Dirty Vote. (YouTube Dirty Vote)
Profil Bivitri Susanti, Srikandi Hukum Tata Negara Indonesia yang Bongkar Kecurangan Pemilu Lewat Dirty Vote. (YouTube Dirty Vote)

--Bivitri Tegaskan Kekuasaan Harus Dibatasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sejumlah akademisi, aktivis hingga guru besar menyoroti kelamnya demokrasi di Indonesia. Pakar hukum tata negara menilai, kualitas demokrasi Indonesia selama sembilan tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kemunduran.

“Hukum juga melegitimasi kekuasaan, melalui ketatanegaraan sehingga harihari ini kita disibukkan oleh UU pemilu, kita disibukkan oleh angka kemenangan. Seakan-akan demokrasi hanya sekadar angka,” kata pakar Hukum Tata Negara Indonesia, Bivitri saat menghadiri diskusi temu ilmiah universitas se-Jabodetabek yang bertajuk ‘Menegakkan Konstitusi, Memulihkan Peradaban Berbangsa dan Hak Kewargaan’ di Gedung IMERI FK UI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Bivitri mengutarakan, penegakkan hukum memang mengerikan. Membatasi demokrasi selama dua periode. Ia menekankan, demokrasi suatu kekuasaan yang harus dibatasi.

“Inilah negara hukum yang dulu sebenarnya dipertahankan oleh para filsuf. Ketika kita berbicara bahwa negara, harusnya adalah soal hak asasi warga dan pembatasan kekuasaan. Bukan soal pasal-pasal hukum, bukan soal angka kemenangan dalam pemilu, tapi soal hak warga dan pembatasan kekuasaan,” tegas Bivitri.

Bivitri menegaskan, demokrasi baik adalah yang selalu gaduh. Sehingga masyarakat bisa aktif menyuarakan partisipasinya. Namun, jika tidak ada kegaduhan nilai demokrasi itu dipertanyakan.

“Demokrasi yang tenang, menurut saya adalah otokratisme terselebung, karena orang-orang dilarang melawan. Bagaimana kritik terhadap kekuasaan pembatasan terhadap kekuasaan melalui lembaga-lembaga negara sebenarnya sedang dimatikan, makanya namanya otokratik, otokratisme yang didukung oleh legalisme,” pungkas Bivitri. (jpg)

  • Bagikan