Andap Targetkan KPU Zero PSU Pilkada 2024

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (tengah) dan Ketua KPU Provinsi Sultra, Asril (5 dari kanan) bersama komisioner dan jajaran KPU Sultra, Kamis (29/2/2024). (RAHMA SAFITRI HASLIM / KENDARI POS)
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (tengah) dan Ketua KPU Provinsi Sultra, Asril (5 dari kanan) bersama komisioner dan jajaran KPU Sultra, Kamis (29/2/2024). (RAHMA SAFITRI HASLIM / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 sudah berlalu. KPU kabupaten/kota di Sultra sedang sibuk pleno rekapitulasi pernhitungan suara. Setelah itu, KPU bersiap menyambut tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menargetkan KPU agar zero Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada pada November 2024 di Sultra.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Andap saat kunjungan kerja di Kantor KPU Sultra, Kamis (29/2/2024). Kunjungan Pj Gubernur Andap itu bertujuan untuk memperoleh informasi pasca Pemilu 2024 sekaligus bertemu dengan Ketua, anggota dan jajaran KPU Sultra.

Dalam kesempatan itum Ketua KPU Provinsi Sultra, Asril menyampaikan hasil rekapitulasi rekomendasi terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) yang terjadi di Sultra. Menurut Asril, dari 30 rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sebanyak 25 PSU berhasil dilaksanakan, dan 2 PSL.

“Namun, ada 3 rekomendasi lainnya yang tidak dapat dilaksanakan karena keterlambatan rekomendasi dan kendala geografis di beberapa daerah, seperti Kabupaten Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kota Kendari,” kata Asril kepada Pj Gubernur Andap.

Asril juga menyampaikan tragedi petugas dan pemilih yang mengalami nasib tragis dalam proses Pemilu. “Sebanyak 35 petugas dilaporkan sakit, 6 di antaranya meninggal dunia sebelum pelaksanaan pemungutan suara akibat penyakit komorbid. Selain itu, ada 1 pemilih yang meninggal dunia saat sedang melakukan pemungutan suara di TPS,” jelasnya.

Menyikapi tragedi ini, Pj Gubernur Andap Budhi Revianto menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan dan mengajak semua pihak untuk mendoakan para syuhada yang gugur dalam pelaksanaan hak demokrasi. “Selain itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas KPU atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujarnya.

Mantan Kapolda Sultra itu juga menyoroti beberapa kekurangan yang terjadi selama Pemilu 2024 di Sultra. Misalnya, kasus tertukarnya kertas suara, kecelakaan lalu lintas, dan kerusakan kertas suara karena faktor cuaca dalam pendistribusian.

Untuk mengantisipasi hal serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang, Pj Gubernur Andap menegaskan target kerja untuk Pilkada November 2024 adalah mencapai zero PSU. Ia menekankan pentingnya komitmen moral, upaya maksimal, dan doa kepada Tuhan dalam mencapai tujuan tersebut.

“Buat target kerja bahwa pada Pilkada November 2024 di Sultra diharapkan zero PSU. Sama-sama kita harus memiliki komitmen moral, effort, yang In Syaa Allah akan mampu meraih achievement (pencapaian) yang diharapkan. Jangan lupa bermohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Pj Gubernur Andap. (rah/b)

  • Bagikan