22 dari 45 Titik Akses Internet Gratis Beroperasi

  • Bagikan
Jamhur Umirlan
Jamhur Umirlan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Akses internet kini menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi masyarakat. Hampir semua aktivitas sudah bersentuhan dengan internet, mulai dari mengakses informasi hingga untuk berjualan melalui media sosial. Menyadari hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo dan Persandian) telah menyediakan fasilitas akses internet gratis pada sejumlah tempat di Pulau Wawonii.

Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan, mengatakan, pada tahun 2023 pihaknya mendapat program akses internet gratis yang dikelola oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kemenkominfo Republik Indonesia. Akses internet gratis yang dibangun berjumlah 45 titik.

“Jadi tahun 2023 ini kita mendapatkan bantuan akses internet dari Bakti Kementerian Kominfo. Dari 45 yang telah dibangun, ada sekira 22 titik akses internet gratis yang saat ini telah aktif dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Selebihnya akan diaktifkan dalam waktu dekat,” ujar Jamhur Umirlan, Senin (19/2).

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Konkep ini mengungkapkan, 22 titik akses internet gratis tersebar pada beberapa lokasi. Mulai dari tempat wisata hingga sekolahsekolah.

“Seperti di villa Dinas Pariwisata Konkep di Pantai Kampa, di SDN 1, 2, 3, 4, 6, 7, 8 Wawonii Barat, SDN 1, 2, 3, 4, 5 Wawonii Selatan, SDN 2, 3, 5 Wawonii Tengah, SDN 3 dan 6 Wawonii Tenggara serta SDN 1 Lansilowo. Selain itu kita juga membangun akses internet untuk Pojok Baca Cendikia, balai dan kantor Desa Dompo- Dompo Jaya,” rincinya.

Dengan adanya akses internet gratis tersebut, Jamhur Umirlan berharap,dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat terutama bagi kalangan pelajar. Sehingga tidak tertinggal dalam memeroleh akses informasi dan bahan bacaan.

“Semoga dimanfaatkan dengan positif. Sehingga bisa membantu kemajuan ekonomi masyarakat dan kemajuan SDM Konkep. Selain itu kita juga berharap agar masyarakat bisa menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun ini,” pintanya. (c/jib)

  • Bagikan