Mantapkan Perencanaan, Agendakan Musrenbang Kecamatan

  • Bagikan
Sjamsul Kadar
Sjamsul Kadar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Untuk memaksimalkan penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka akan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Kegiatan bertema “Peningkatan daya saing SDM, kualitas infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” itu rencananya akan dimulai pekan depan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka, Sjamsul Kadar, mengungkapkan, Musrenbang tingkat kecamatan akan dimulai dari Samaturu pada 22 Januari 2024 mendatang. Keesokan harinya akan dilanjutkan ke Kecamatan Wolo, lalu di Iwoimendaa. Kata dia, kegiatan tersebut nantinya akan berakhir di Kecamatan Latambaga pada 3 Februari 2024.

Kadar menuturkan, ada beberapa agenda yang akan dilakukan pada kegiatan Musrenbang kecamatan. Mulai dari penyampaian informasi terkait pelaksanaan program atau kegiatan 2024 dan rencana program/kegiatan tahun 2025. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan peninjauan lapangan pelaksanaan rencana kegiatan tahun 2024 dan 2025.

“Pada kegiatan Musrenbang kecamatan juga akan dilakukan penyerahan bantuan-bantuan program atau kegiatan OPD kepada masyarakat. Untuk memudahkan pelayanan masyarakat, kami juga nanti akan membuka layanan publik seperti pengurusan administrasi kependudukan,” tutur Kadar, Rabu (17/1).

Dalam Musrenbang tersebut pihaknya akan menyaring dan menyelaraskan usulan prioritas program dan kegiatan bidang infrastruktur, ekonomi dan SDM. “Dalam mengakomodasi usulan itu nanti akan dipilah berdasarkan tingkat prioritas. Sebab APBD kita tidak memungkinkan untuk merealisasikan semua usulan tersebut,” jelas Kadar. (c/fad)

  • Bagikan