Bawaslu Belum Temukan Kendala Distribusi Logistik Pemilu

  • Bagikan
Suasana di dalam gudang logistik KPU Buton Tengah. (Yuli/Kendari Pos)
Suasana di dalam gudang logistik KPU Buton Tengah. (Yuli/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bawaslu Buton Tengah (Buteng) terus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam pengawasan logistik pemilu 2024. Belum ditemukan kendala berarti selama proses pengadaan dan pendistribusian logistik pemilu. Gudang logistik di kelurahan Lakudo, kecamatan Lakudo, Buteng diawasi dengan ketat.

Ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya mengatakan Bawaslu memiliki tim khusus yang bekerja memantau seluruh proses pengerjaan logistik. Mulai dari pencetakan di Surabaya, Bawaslu mengambil peran bersamasama KPU melakukan pengawasan. Proses pengiriman sampai pelabuhan Baubau, lalu diantar sampai ke gudang. “itu selalu kami lakukan pengawasan. Termasuk penyortiran kotak suara dan surat suara,” ujar Helius Udaya saat ditemui Kendari Pos.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi untuk menentukan skema pengawasan yang baik. Bila ada kekurangam atau kekeliruan, Bawaslu segera menyarankan perbaikan kepada KPU. Guna memastikan kesiapan logistik berjalan lancar, Helius meminta jajarannya untuk selalu menjalin komunikasi yang intens dengan pihak KPU. Persepsi kedua lembaga ini harus sejalan agar tidak ada kendala serius selama prosenya. Pasalnya, logistik menjadi kebutuhan yang sangat urgen dan akan mempengaruhi seluruh tahapan pemilu jika tidak dilakukan dengan berhati-hati.

“Misalnya, kolom suara kurang, maka kami sarankan kepada KPU segera melakukan perbaikan. Tidak boleh melebihi kolomnya. kami memastikan benar-benar setiap kotak suara, surat suara, diawasi dengan ketat,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua KPU Buteng, La Ode Jinani mengatakan distribusi, pengamanan, dan kondisi logistik di Buteng sejauh ini tidak ada kendala serius. Hampir semua logistik pemilu telah dikirim ke Buteng. Pihaknya telah mengecek surat suara dan kotak suara yang mengalami kerusakan. ia tidak menampik proses yang dilewati tidak terlepas dari hambatan namun sebisa mungkin diminimalisir.

“Kotak suara, surat suara, dan logistik lainnya sudah masuk gudang. kami akan mengupayakan penyaluran logistik ini tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu,” kata La Ode Jinani saat meninjau gudang penyimpanan logistik kPU Buteng, kemarin. (uli/b)

  • Bagikan