Rp 142 Miliar untuk 117 Desa

  • Bagikan
Kusram Maroli
Kusram Maroli

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Anggaran sebesar Rp 142 miliar dialokasikan untuk peningkatan pembangunan pada 117 desa di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Dari total pembiayaan tersebut, dana desa besaran dana desa (DD) mencapai Rp 89 miliar, alokasi dana desa sebanyak Rp 46 miliar lebih, serta Rp 5,8 miliar sebagai dana stimulan.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Koltim, Kusram Maroli, mengatakan, anggaran Rp 142 miliar lebih itu akan dikucurkan sepanjang tahun 2024 ini. “Akan dialokasikan untuk 117 desa pada 12 kecamatan yang ada,” kata Kusram Maroli, Minggu (14/1).

Ia mengaku, DD paling besar akan diterima Desa Bou di Kecamatan Lambandia sebanyak Rp 1,09 miliar. Tahun sebelumnya diberikan pada Desa Roko-Roko.

Mantan Kabid Pemdes pada DPMD Koltim itu mengatakan, proses pencairan akan sama seperti tahun sebelumnya. Tahap satu dan dua sebanyak 40 persen, serta tahap ketiga 20 persen. “Kami akan memaksimalkan serapan anggaran agar tetap dapat memertahankan prestasi pencairan DD terbaik seperti tahun sebelumnya,” pungkas Kusram Maroli. (c/

  • Bagikan