Bappeda Siap Jemput Aspirasi Warga Kecamatan

  • Bagikan
Awaluddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton mulai menyusun jadwal pelaksanaan Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Warga akan diundang berkumpul untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah daerah. Jika sejalan dengan arah kebijakan pemerintah pusat dan provinsi, maka berpeluang menjadi agenda prioritas dan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 mendatang.

Kepala Bappeda Buton Awaluddin menyampaikan pihaknya sedang menyusun jadwal Musrembang untuk 7 kecamatan di otorita La Ode Mustari itu. “Jadwal sedang kami susun. Kalau sudah selesai, kita siapkan undangannya. Tapi dalam waktu dekat karena yang namanya Musrenbang awal tahun kan,” ungkap Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah itu.

Dijelaskannya, Musrenbang tersebut merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat. “Selanjutnya, Musrenbang kecamatan akan menjadi bahan perangkat daerah untuk pembahasan di forum perangkat daerah yang selanjutnya akan dibahas pada Musrenbang kabupaten,” papar dia.

Olehnya itu, Ia meminta warga dan pemerintah kecamatan untuk fokus pada usulan-usulan strategis yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar. “Pada prinsipnya semua usulan akan kita catat, tapi akan disesuikan dengan kebijakan strategis daerah dan tak kalah pentingnya dengan anggaran juga,” lanjutnya.

Nantinya, saat Musrenbang semua pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dihadirkan. Tujuannya agar usulan masyarakat menemukan ‘rumah’ untuk diolah menjadi program. “Bappeda hanya penyelenggara. Tapi yang hadir semua OPD untuk mendengar usulan dan jika itu menjadi gawean mereka maka diatensi,” pungkasnya. (lyn/c)

  • Bagikan