45 Titik Akses Internet Gratis Ditarget Rampung Akhir Desember

  • Bagikan
Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan
Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Akses internet kini menjadi sangat penting untuk masyarakat. Sebab, hampir semua kegiatan masyarakat kini sudah bersentuhan dengan internet. Mulai untuk mengakses informasi hingga berjualan melalui media sosial.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo dan Persandian) Konkep, bakal membangun akses internet gratis sebanyak 45 titik.

Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan, mengatakan, untuk tahun 2023 ini, Konkep mendapatkan Program Internet Gratis yang dikelola Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kemenkominfo Republik Indonesia, yakni pembangunan Base Transceiver Station (BTS) Universal Service Obligation (USO) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).

“Jadi tahun 2023 ini, kita mendapatkan bantuan akses internet dari Bakti Kementerian Kominfo. Bantuan ini diberikan dalam dua tahap. Bantuan tahap satu 42 titik dan tahap dua 3 titik. Jadi totalnya 45 titik akses internet gratis,” ujar Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan.

Mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Konkep ini mengungkapkan, hingga saat ini pembangunan 45 titik akses internet gratis masih on the track. Dimana ditargetkan semua pembangunan ini akan rampung akhir Desember 2023.

“Hingga saat ini, yang sudah terbangun sekira 28 akses internet gratis dan masih ada sekira 19 lagi yang masih tahap pembangunan. Dimana 45 akses internet ini, bisa dimanfaatkan secara gratis dan lokasi pembangunan tersebar mulai dari kantorkantor pemerintahan, kantor desa, sekolah dan lokasi objek wisata,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, setelah rampung akhir Desember, pemanfaatan atau on air akses internet gratis ini, akan dilaksanakan Januari dan atau paling lambat Februari 2024. Dimana pihaknya juga sangat mengapresiasi masyarakat Konkep yang sangat mendukung dan membantu selama proses pembangunan akses internet gratis ini.

“Kita berharap, akses internet gratis ini bisa dimanfaatkan masyarakat. Sehingga bisa membantu kemajuan ekonomi masyarakat. Selain itu, kita juga berharap masyarakat bisa menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun ini,” harapnya. (b/jib)

  • Bagikan