Tiga Kecamatan Raih Penghargaan Ramah Anak

  • Bagikan
KECAMATAN RAMAH ANAK : Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Nismawati mendampingi Sekot Kendari, Ridwansyah Taridala menyerahkan penghargaan Kecamatan Ramah Anak di Balai Kota Kendari, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)
KECAMATAN RAMAH ANAK : Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Nismawati mendampingi Sekot Kendari, Ridwansyah Taridala menyerahkan penghargaan Kecamatan Ramah Anak di Balai Kota Kendari, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kendari kian serius berbenah dalam mengejar predikat Utama Kota Layak Anak (KLA). Tahun ini, Kendari tetap mampu mempertahankan kategori Nindya. Sederet langkah strategis telah dimulai melalui program yang sama dalam lingkup kecamatan. Dari hasil evaluasi, tiga kecamatan telah penuhi syarat ramah anak.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan tiga kecamatan ramah anak yakni Kadia, Kendari Barat dan Wua-wua. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah memberikan penghargaan kecamatan ramah anak. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan buah dari kerja keras dalam memenuhi kebutuhan anak. Baik kebutuhan jasmani maupun rohani.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengoptimalkan wilayah masih-masing, sehingga masuk nominasi Kecamatan ramah anak” ungkap Ridwansyah Taridala usai menyerahkan penghargaan ramah anak di Balai Kota Kendari.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini berharap, seluruh camat dan lurah mengingatkan kepada masyarakat di wilayahnya masingmasing untuk senantiasa memperhatikan pemenuhan hak anak dan ramah pada anak, mengingat kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak bisa terjadi kapan dan di mana saja.

“Tanggung jawab tambahan di wilayah pak camat, pak lurah untuk memberikan penyadaran dalam bentuk kegiatan apa saja, baik itu sosialisasi, pendekatan kultural termasuk pendekatan primordial supaya hal-hal ini tetap menjadi perhatian kita bersama,” harapnya.

Pada kesempatan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Kendari, Fitriani Sinapoy mengungkapkan pemberian penghargaan ini dinilai berdasarkan beberapa indikator seperti sarana prasarana, keterlibatan forum anak serta partisipasi masyarakat.

Guna mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, DPPPA terus berupaya melaksanakan pencegahan, perlindungan dan melakukan penanganan kepada korban maupun pelaku kekerasan.

"Kami masif melakukan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat agar peduli terhadap pemenuhan hak anak. Anak-anak harus dilindungi dan dipastikan mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas," pungkasnya. (b/ags)

  • Bagikan