Menanti Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK

  • Bagikan
Heppy Aprianti
Heppy Aprianti

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Panitia Seleksi Daerah (Panselda) penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) masih menunggu petunjuk teknis dari pusat, terkait penetapan waktu pelaksanaan seleksi kompetensi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konut, Moh. Nur Sain, melalui Kasubbid Pengadaan, Heppy Aprianti, menuturkan, jadwal yang ditetapkan Panselnas untuk tes kompetensi, mulai tanggal 10 November sampai 2 Desember 2023.

“Hanya untuk jadwal Konawe Utara itu belum dipastikan. Kami masih menunggu jadwal teknisnya dari Panselnas terkait waktu dan tempatnya,” ujar Heppy Aprianti, kemarin. Ia menambahkan, dalam seleksi administrasi yang dilakukan Panselda, terdapat 1.838 peserta yang memenuhi syarat dari jumlah pelamar 2.036 orang. Sementara ada 198 pendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi.

Dari jumlah itu ada 58 pelamar yang memberikan tanggapan pada masa sanggah yang diberikan panitia seleksi. Hasil verifikasi ulang oleh Pansel yang memenuhi syarat hanya lima orang. Sehingga kelima orang tersebut kembali diikutkan dalam seleksi selanjutnya. “Ada yang dari tenaga teknis dua orang dan tenaga kesehatan tiga orang, sehingga total keseluruhan yang akan mengikuti tes kompetensi sebelumnya 1.838 menjadi 1.843 pelamar,” rinci Heppy Aprianti.

Terkait materi seleksi, ada sedikit perbedaan antara tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan calon PPPK, sesuai ketentuan KemenPAN-RB. “Kalau CPNS ada seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Sedangkan PPPK langsung seleksi kompetensi, sosial kultural dan manajerial. Materinya kurang lebih seperti itu dan menjadi kewenangan Panselnas,” pungkasnya. (c/min)

  • Bagikan