Seruan Pemilu Damai Berkumandang

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto

--Pj.Gubernur : Mari Mengawal Pemilu Aman dan Damai

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024 merupakan agenda nasional. Seluruh elemen pemerintah, lembaga swasta dan masyarakat di Sultra punya tanggung jawab untuk menyukseskan 2 agenda nasional itu. Tolak ukurnya adalah Pemilu demokratis, aman, damai dan tenteram. Berangkat dari pemikiran itu, tercetuslah Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024. Deklarasi Pemilu damai pun berkumandang.

Adalah Polda Sultra, menginisiasi Deklarasi Pemilu Damai 2024, dan melibatkan Pemprov Sultra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), penyelenggara pemilu, partai politik (Parpol) peserta pemilu dan masyarakat Sultra. Deklarasi Pemilu damai digelar di Claro Hotel Kendari, Rabu (13/9), kemarin. Masing-masing elemen membubuhkan tanda tangan dalam deklarasi damai.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto mengajak semua elemen masyarakat Sultra untuk bersama-sama mengawal Pemilu 2024, agar berjalan aman, damai dan kondusif. "Mari implementasikan janji melalui deklarasi ini. Satu hal mendasar yang perlu saya ingatkan, bahwa kita semua ini bersaudara. Jangan sampai ada pemisah dan pemilahan antara kita. Mari bersama kita kawal pemilu aman dan damai," ujarnya dalam acara deklarasi Pemilu damai.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto

Pj.Gubernur Komjen Andap mengapresiasi deklarasi Pemilu damai yang digelar Polda Sultra. Sebab, Pemilu dan Pilkada serentak 2024 merupakan agenda yang sangat penting.

"Deklarasi damai bukan hanya sekadar lip service tapi clear (jelas), benar-benar didasari dengan niat tulus kita. Karena itu, deklarasi damai ini jangan hanya dijadikan formalitas. Tetapi laksanakan dengan tindakan nyata. Sebab Sultra butuh kebersamaan kita," tegas mantan Kapolda Sultra itu.

Sementara itu, Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto melalui Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto mengatakan Pemilu tahun 2004 merupakan agenda penting dan strategis bagi keberlangsungan pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia dan Sultra.

Untuk itu, Pemilu harus dijamin keamanan kelancarannya, dan pelaksanaannya. Sehingga dapat berjalan sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu.

"Pada konteks ini, Polda Sultra bertanggung jawab untuk mengawal dan mengamankan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 dengan melakukan langkah-langkah perencanaan," ujar Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto.

Persiapan pengamanan Pemilu pun dilaksanakan Polda Sultra melalui pergelaran operasional. Salah satunya adalah coding sistem melalui sarana deklarasi Pemilu damai 2024 ini.

Selan itu meningkatkan kegiatan rutin dan kegiatan lainnya di kepolisian. Tujuannya untuk mencegah polarisasi dengan menggelorakan Pemilu damai bersama seluruh elemen masyarakat Sultra.

"Hal ini membutuhkan dukungan dan partisipasi seluruh stakeholder, baik Forkompinda, penyelenggara pemilu, parpol dan segenap unsur lapisan masyarakat, sehingga tahapan Pemilu 2024 di Sultra berjalan dengan baik," ungkap Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, Asril mengatakan deklarasi ini sebagai wujud untuk menyamakan pemahaman menuju Pemilu damai. Dengan begitu pada akhirnya akan menghasilkan pemimpin sesuai harapan masyarakat Sultra.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Semoga ini menjadi inspirasi provinsi lain dan inspirasi bagi kabupaten/kota se-Sultra untuk melaksanakan deklarasi damai. Sehingga pada 2024 kita bisa melahirkan kedamaian di daerah kita," ujar Asril.

Di tempat yang sama, Ketua DPW Partai NasDem Sultra, Ali Mazi mengatakan sebagai anak bangsa dan sebagai masyarakat, sangat mengapresiasi Polda Sultra yang telah menginisiasi deklarasi damai ini. Bagi Ali Mazi, sesungguhnya tujuan berpemilu itu bukan untuk ribut. Tapi untuk mencari figur pemimpin.

"Oleh karena itu, kita bersama-sama menyukseskan Pemilu dengan damai dan tenteram. Pemilu damai dan tenteram sangat mendukung akselerasi pembangunan. Karena itu Partai NasDem dan seluruh pendukungnya serta masyarakat sangat mendukung deklarasi damai ini dan siap menyukseskan Pemilu damai di 2024," pungkas mantan Gubernur Sultra itu. (rah/b)

DAERAH AMAN, PEMILU SUKSES

AGENDA NASIONAL
-Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 adalah agenda nasional
-Sukses Pemilu dan Pilkada menjadi tanggung jawab semua elemen
-Mulai pemerintah, lembaga swasta hingga masyarakat di Sultra
-Tolak ukurnya adalah Pemilu demokratis, aman, damai dan tenteram
-Berangkat dari pemikiran itu, tercetuslah Deklarasi Pemilu Damai
-Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 pun berkumandang

BERSEPAKAT
-Polda Sultra, menginisiasi Deklarasi Pemilu Damai 2024
-Polda melibatkan Pemprov Sultra, Forkompinda, penyelenggara pemilu, parpol peserta pemilu dan masyarakat Sultra
-Deklarasi Pemilu damai digelar di Claro Hotel Kendari, Rabu (13/9)
-Masing-masing elemen membubuhkan tanda tangan dalam deklarasi

IMBAUAN PJ.GUBERNUR
-Pj.Gubernur Sultra, Komjen Andap mengajak semua elemen masyarakat mengawal Pemilu 2024
-Tujuannya agar Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan kondusif
-Komjen Andap minta janji deklarasi diimplementasikan
-Ia mengingatkan, semua masyarakat Sultra adalah bersaudara
-Jangan sampai ada pemisah dan pemilahan diantara masyarakat

APRESIASI
-Pj.Gubernur Komjen Andap apresiasi Deklarasi Pemilu damai
-Sebab, Pemilu dan Pilkada serentak 2024 adalah agenda sangat penting
-Deklarasi damai bukan sekadar lip service
-Namun benar-benar didasari niat tulus
-Karena itu, deklarasi damai jangan dijadikan formalitas
-Deklarasi damai harus laksanakan dengan tindakan nyata

KPU SULTRA
-Ketua KPU Sultra menilai deklarasi sebagai wujud menyamakan pemahaman
-Muaranya, akan menghasilkan pemimpin sesuai harapan masyarakat Sultra
-Sejatinya deklarasi damai menjadi inspirasi bagi provinsi lain
-Deklarasi damai dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten/kota se-Sultra
-Tujuannya agar dapat melahirkan kedamaian di daerah

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan