Mencari “Pengganti” Kery dan Monianse

  • Bagikan
Wali Kota Bau-Bau, Ahmad Monianse (kiri), Bupati Konawe (Kery Saiful Konggoasa) (kanan).
Wali Kota Bau-Bau, Ahmad Monianse (kiri), Bupati Konawe (Kery Saiful Konggoasa) (kanan).

--Calon Pj.Bupati Konawe-Wali Kota Baubau Masih Dikaji

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Wali Kota Baubau Ahmad Monianse bakal purna tugas pada 24 September 2023. Pemprov Sultra telah mengusulkan sejumlah nama calon Pj.Bupati Konawe dan Pj.Wali Kota Baubau. Proses pencarian "pengganti" Kery dan Monianse masih berproses di Tim Penilai Akhir (TPA) di Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah (Otda Setda) Provinsi Sultra, Muliadi mengatakan, pihaknya telah mengusulkan 3 nama calon Pj. Bupati Konawe dan Pj.Wali Kota Baubau ke Kemendagri.

"Saat ini, nama-nama itu tengah digodok oleh Tim Penilai Akhir (TPA) di Kemendagri," ujar Muliadi kepada Kendari Pos, Rabu (13/9) kemarin.

TPA itu adalah kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian yang meliputi, Kementerian Sekretariat Negara, Kemenpan-RB, Sekretariat Kabinet, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelijen Negara (BIN) dan kementerian/lembaga lain sesuai kebutuhan.

Ketika ditanya, siapa saja nama calon Pj.Bupati Konawe dan Wali Kota Baubau yang diusulkan Pemprov Sultra, Muliadi belum mau menyebut secara detail. "Kami di Pemprov mengusulkan masing-masing 3 nama secara tertutup, beda dengan kabupaten/kota, secara terbuka. Lagipula saya tidak memiliki kewenangan menyebut siapa yang didorong, karena itu sudah ranah pimpinan," kelit Muliadi.

Yang jelas, kata dia, mereka yang diusulkan tentunya memiliki kompetensi dan sedang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) atau pejabat eselon II lingkup Pemprov Sultra. "Intinya tugas kita selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di tingkat provinsi sudah selesai," terangnya.

Pengusulan Pj.Bupati dan Wali Kota dilakukan oleh 3 komponen. Yakni DPRD kabupaten/kota, Pemprov, dan Kemendagri. "Itu berdasarkan pasal 9 Permendagri Nomor 4 tahun 2023 tentang pengusulan Pj.Gubernur, Pj.Bupati dan Pj.Wali Kota," tutur Muliadi.

Untuk diketahui calon Pj.Bupati usulan DPRD Konawe adalah Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, Syahril Abdul Raup. Lalu, pejabat Kemendes-PDTT, La Ode Muhajirin dan Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba.

"Ketiga nama itu sudah disetujui semua fraksi di DPRD Konawe. Secara kelembagaan, Ketua DPRD Konawe sudah mengusulkan 3 nama calon Pj.Bupati tersebut ke Kemendagri," ujar Wakil Ketua II DPRD Konawe, Rusdianto kepada Kendari Pos dalam sebuah kesempatan.

Selain usulan DPRD Konawe, Rusdianto juga memberi bocoran calon Pj.Bupati Konawe yang diusulkan Pemprov Sultra. Ketiga nama itu adalah Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, dan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, Syahril Abdul Raup.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Baubau Zahari mengatakan penunjukan Pj.Wali Kota Baubau merupakan kewenangan pemerintah pusat. Awal Agustus lalu, DPRD telah mengusulkan 3 nama calon Pj.Wali Kota hasil rapat 5 fraksi.

"Rapat pertama menelorkan 7 nama. Setelah itu dilakukan voting lagi untuk mengerucutkan 3 nama," ujarnya kepada Kendari Pos.

3 nama itu adalah Abdul Rahim, Staf Ahli Gubernur Sultra sekaligus Pj.Sekda Wakatobi. Kemudian, Rasman Manafi, Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir Kemenko Marves. Terakhir, La Ode Daerah Hidayat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sultra. (kam/lyn/b)

  • Bagikan