Salurkan Aspirasi Lewat “Dering Asmara”

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota Kendari telah melaunching inovasi daerah karya. Salah satu yang dilaunching yakni inovasi “Dering Asmara” karya Sekretaris DPRD Kota Kendari, Adriana Masaruddin. Inovasi Dering Asmara (Dewan Menjaring Aspirasi Masyarakat) adalah fasilitas digital untuk memudahkan masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya.

Sekretaris DPRD Kota Kendari Adriana Masaruddin mengatakan aspirasi masyarakat selanjutnya diteruskan ke DPRD untuk ditanggapi dan ditindaklanjuti. Inovasi Dering asmara ini juga diyakini dapat lebih optimal dalam menyerap aspirasi demi tercapainya masyarakat yang maju sejahtera dan berkeadilan.

“Dering Asmara merupakan inovasi yang dibangun dalam rangka optimalisasi pelayanan dengan memberi kemudahan dalam penjaringan aspirasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi,” jelas Adriana.

Ia menambahkan, inovasi Dering Asmara bagian dari tindaklanjut implementasi dari salah satu penerapan Reformasi Birokrasi (RB) tematik tahun 2023 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Program Digitalisasi Administrasi Pemerintahan dihadirkan dengan maksud untuk menciptakan birokrasi yang tangkas dan pelayanan publik berbasis digital untuk memudahkan rakyat, berbasis struktur digital, berdaya digital dan kompetensi digital pada birokrasi,” pungkasnya.

Sekedar informasi, selain inovasi Dering Asmara, terdapat enam inovasi daerah lainnya yang dilaunching Pemkot Kendari. Keenam inovasi daerah itu yakni E Merare (Manajemen Administrasi Keuangan Berbasis Elektronik) yang diluncurkan Badan Keuangan dan Aset Daerah, dan Sistem monitoring pajak terintegrasi atau Pajak Pindara yang diluncurkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Selain itu, ada inovasi E Linmas (Layanan Perlindungan Masyarakat berbasis Elektronik ) yang diluncurkan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Sigarang (Siaga Pengawal Terang ) yang diluncurkan Dinas Perhubungan Kota Kendari, E Rekam Medik (Layanan Rekam Medik berbasis Digital) yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Sidewi (Sistem Informasi Destinasi Wisata) yang diluncurkan Dinas Pariwisata. (b/ags)

Inovasi OPD yang Dilaunching:
-Dering Asmara (Sekretariat DPRD)
-E-Merare (BKAD)
-Pajak Pindara (Bappenda)
-E-Linmas (Satpol PP)
-Sigarang (Dishub)
-E-Rekam Medik (RSUD Kota)
-Sidewi (Dispar)

  • Bagikan