Naik Tipe, Hadirkan Tujuh Dokter Spesialis

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya memberikan pelayanan maksimal pada masyarakatnya disegala sektor. Salah satu upaya yang dilakukan dalam memberikan pelayanan maksimal dibidang kesehatan adalah dengan menambah dokter spesialis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konkep.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Tata Usaha RSUD Konkep, Marzuki, mengatakan, tahun 2023 ini terjadi penambahan dokter spesialis. Itu karena status RSUD Konkep naik peringkat dari tipe D Pratama jadi D.

“Ketika RSUD naik peringkat jadi tipe D, maka memiliki kewajiban salah satunya harus ada minimal empat dokter spesialis dasar dan tiga dokter penunjang. Alhamdulillah semua ini sudah terpenuhi,” ujar Marzuki, Selasa (12/9).

Ia melanjutkan, sebelumnya pihak BPJS sempat mempermasalahkan karena RSUD sudah naik peringkat tapi belum ada dokter yang siap. Akan tetapi saat ini melalui program pendayagunaan dokter spesialis (PPDS) hal ini bisa terlaksana.

“Dokter ahli ini sudah mulai bertugas penuh waktu dari Senin sampai Jumat sejak 1 Agustus lalu. Penambahan dokter spesialis ini dimulai sejak Januari 2023 yakni dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis bedah, spesialis patologi klinik, spesialis obstetri dan ginekologi, spesialis anestesi dan spesialis radiologi,” rincinya.

Marzuki mengaku, penambahan dokter spesialis nantinya akan diikuti dengan peningkatan sarana penunjang dan alat kesehatan pendukungnya dalam tahun ini. “Kita mendorong dan mengusulkan agar tahun ini alat kesehatan penunjang dokter spesialis ini bisa segera diadakan. Seperti salah satunya alat radiologi,” pungkasnya. (c/jib)

  • Bagikan