Parpol dan Ormas Terima Hibah Daerah

  • Bagikan
BANTUAN : Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (keempat dari kiri) berpose bersama usai menyerahkan dana hibah pada Parpol, Ormas dan FKUB di otoritanya, kemarin.(ELYN IPO/KENDARI POS)
BANTUAN : Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (keempat dari kiri) berpose bersama usai menyerahkan dana hibah pada Parpol, Ormas dan FKUB di otoritanya, kemarin.(ELYN IPO/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Para pengurus partai politik (Parpol), Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kota Baubau, sumringah. Dana hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) telah disalurkan, ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Moniase, Senin (7/8). Monianse berharap, bantuan tersebut yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Untuk partai, agar bisa lebih aktif lagi turun ke tengah masyarakat menyerap dan memerjuangkan aspirasi masyarakat. Begitu pula kalangan Ormas dan FKUB untuk dapat lebih memperkuat kiprahnya di tengah masyarakat," ungkap Moni dalam sambutannya, kemarin.

Diakuinya, anggaran itu tak akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan Parpol, Ormas maupun FKUB. Tetapi apa yang diberikan Pemkot sudah disesuaikan dengan kemampuan fiskal daerah. Terlebih pemerintah tengah menghadapi pesta demokrasi yang akan menyedot APBD cukup besar.

Besaran Alokasi Bantuan melalui Dana Hibah Pemkot :

  • FKUB : Rp 100.000.000
  • Parpol : Rp 636.253.625
  • Ormas : Rp 45.000.000

"Selamat berbuat dengan dana secukupnya. Mudah-mudahan hasilnya maksimal," pesan Baubau-1 tersebut. Khusus untuk bantuan dana Parpol yang terbilang cukup besar dibanding dua organisasi lainnya, kata Moni itu sudah disesuaikan dengan arahan Pemerintah Pusat melalui Permendagri. Dana Parpol diprioritaskan untuk pendidikan politik. Tujuannya, agar partisipasi partai politik ikut serta dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, bisa berdampak positif.

Dalam kesempatan itu, Politikus PDIP tersebut sekaligus mengukuhkan susunan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kota Baubau. Sekaligus juga mengkampanyekan pembumian bendera merah putih menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. (b/lyn)

  • Bagikan