Lestarikan Budaya Mubar

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar saat membuka lomba pagelaran budaya.
Pj Bupati Mubar saat membuka lomba pagelaran budaya.

--Gelar Lomba Modero, Kalego dan Rambi Wuna

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) berupaya melestarikan budaya daerah. Daerah otorita Bahri itu menggelar lomba modero (tarian sambil berbalas pantung pria dan wanita), kalego (permainan dengan tempurung kelapa) dan rambi wuna (silat Muna). Pj Bupati Mubar Bahri mengajak masyarakat menjaga, melestarikan dan mencintai budaya daerah.

"Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk tetap menjaga dan menghidupkan kembali budaya kita. Mubar ini memiliki banyak budaya dan kita sebagai penerus harus melestarikannya agar anak cucu tahu Mubar kaya dengan budaya dan ini menujukan peradaban kita tinggi," kata Bahri membuka pagelaran budaya, Senin (7/8). Dalam kesempatan itu, ia mengatakan pagelaran budaya dengan sejumlah lomba yang digelar merupakan rangkaian perayaan HUT ke-9 Mubar dan menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

"Kita punya modero yang sekarang ini terancam punah karena yang bisa melaksanakan itu hanya orang-orang tu dan tidak ada keinginan dari anak-anak muda. Sementara modero, kalego dan rambi wuna ini adalah bagian dari budaya peninggalan orang tua terdahulu. Kita harus menjaga dan melestarikannya," ucapnya.

Ia berjanji akan membuat generasi muda tertarik mempelajari budaya Mubar. Jangan hanya diperagakan oleh orang tua.

"Kita akan buat di sekolah-sekolah dengan memperkenalkannya sebagai kegiatan ekstrakulikuler. Bahwa modero ini adalah bagian dari tarian budaya kita yang harus kita lestarikan. Sehingga ini tetap hidup sampai kapan pun dari generasi ke generasi. Karena kita ada kewajiban untuk bagaimana melestarikan nilai budaya kita," tutupnya. (ahi)

  • Bagikan