Target Tuntaskan Dua Perpustakaan Desa

  • Bagikan
Danyal
Danyal

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat tetap menjadi salah satu fokus kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep). Untuk mewujudkan hal tersebut, ditahun ini akan dibangun sarana perpustakaan pada dua desa. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Konkep, Danyal, menegaskan, komitmen Pemkab Konkep dalam membangun budaya kegemaran membaca dan meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat, sudah tercermin dalam visi misi kepala daerah dengan tagline “Wawonii Bangkit”.

Sebab dengan membangun masyarakat yang cerdas maka akan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di Bumi Kelapa tersebut. “Tahun 2022, perpustakaan desa yang sudah terbangun itu ada 12. 2023 ini kita targetkan ada penambahan dua perpustakaan lagi. Sehingga nantinya berjumlah 14 perpustakaan,” ujar Kepala DPA Konkep, Danyal, Senin (24/7). Mantan Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Konkep itu mengungkapkan, dua perpustakaan yang akan dibangun ini terletak di Desa Waworope dan Palingi Timur. Setiap unit diproyeksi menyerap anggaran hingga Rp.100 juta.

“Dengan dibangunnya gedung perpustakaan ini, semoga minat masyarakat untuk membaca bisa tinggi. Sebab sarana dan prasarananya sudah bagus. Selain itu pembangunan gedung perpustakaan ini juga sebagai ikhtiar kita dalam memermudah masyarakat dalam mengakses informasi,” sambung Danyal. Perpustakaan tersebut nantinya bukan hanya diperuntukkan bagi pelajar saja, tetapi juga untuk seluruh masyarakat Wawonii yang ingin meningkatkan pengetahuan. Seperti petani, akan diberikan buku bacaan tentang pertanian ataupun nelayan akan diberikan buku terkait perikanan. (c/jib)

  • Bagikan