Pemkab Konsel Gelar Gerakan Pangan Murah

  • Bagikan
Wakil Bupati Konsel, Rasyid (kanan) saat melayani masyarakat yang berbelanja kebutuhan pokok di GPM di pelataran Islamic Center Kecamatan Andoolo, Senin (26/6), kemarin.

Menjaga Ketahanan Pangan Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Pemkab Konsel) terus bergerak menjaga ketahanan pangan daerah dan masyarakat. Pemkab Konsel melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di pelataran Islamic Center, Kecamatan Andoolo, Senin (26/6), kemarin.

GPM itu untuk memfasilitasi masyarakat Konsel mendapatkan bahan pangan terjangkau. Bupati Konsel, Surunuddin Dangga melalui Wakil Bupati (Wabup) Konsel, Rasyid mengatakan gerakan pangan murah ini tidak hanya bersifat insidental. Namun dapat dilakukan secara rutin. di seluruh kecamatan di Konsel. Sehingga upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok merata di daerah tersebut.

"Apabila terjadi kelangkaan kebutuhan pokok atau harga yang melonjak di kecamatan di Konsel, saya minta masyarakat melaporkan ke Pemkab Konsel agar segera kita gelar gerakan pangan murah di tempat-tempat tersebut," kata Wabup Rasyid saat membuka gerakan pangan murah, Senin, kemarin.

Ia berharap masyarakat yang berbelanja harus tepat sasaran. Jangan justru masyarakat yang tergolong mampu, lebih banyak menikmati program GPM. "Jangan sampai yang datang membeli ini justru yang punya toko, warung, atau yang punya usaha jual beli sembako. Misalnya dengan menitipkan uang kepada orang lain untuk berbelanja di GPM. Ini harus jadi perhatian kita bersama. Jangan sampai kebutuhan pokok di GPM ini dijual kembali agar program ini tidak salah sasaran," tegas Wabup Rasyid.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Konsel, Setia Ningsih Mangidi melalui Sekretaris Dinas (Sekdis), Andi Sitti Raoda menjelaskan, GPM tersebut merupakan inisiasi dari Badan Pangan Nasional. Dilaksanakan secara serentak di 342 titik di 301 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Dan memecahkan rekor muri GPM terbanyak sedunia.

"Tujuan GPM ini adalah untuk menyediakan stabilisasi stok dan harga pangan khususnya di Kabupaten Konsel, apalagi menjelang Iduladha 1444 Hijriah," ujar Andi Sitti Raoda.

Sementara itu Analis Ketahanan Pangan Konsel, Israwan selaku Ketua Pelaksana GPM di Konsel mengatakan ada empat jenis kebutuhan pokok yang disediakan. Yakni beras medium, telur, gula pasir dan minyak goreng.

"Persediaan beras yang disiapkan dalam Gerakan Pangan Murah ini yakni 2 sampai 3 ton beras, gula pasir 500 sampai 1000 kilogram, kemudian minyak 1000 sampai 2000 liter, dan telur 150 rak," ujar Israwan.

Masnia, salah satu warga Konsel yang berbelanja di GPM mengaku senang. Apalagi menjelang hari raya Iduladha, kebutuhan akan bahan pokok lebih meningkat.
"Terimakasih kepada Pemkab Konsel yang telah menyelenggarakan GPM in. Semoga kegiatan serupa kembali dilakukan, karena membantu memenuhi kebutuhan pokok kami," ujarnya. (ndi/b)

  • Bagikan