Lanal Kendari Dorong Putra Putri Maritim Gaungkan Potensi Sultra

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID—Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari mendorong putra-putri maritim Sulawesi Tenggara menggaungkan potensi Bumi Anoa ke tingkat nasional hingga internasional. Pernyataan tersebut disampaikan Komandan Lanal Kendari Mulku Zahari SE M. Tr. Opsla saat pembukaan Grand Final Pemilihan Putra Putri Maritim Sultra di Claro Hotel Kendari, Selasa (27/6).

Mulku Zahari SE M. Tr. Opsla mengatakan 72 persen wialayah perairan Sultra ini perlu dikembangkan lebih besar. Atas dasar itu, putra-putri Maritim yang masuk grand final diharapkan menjadi pionir menjual potensi Sultra ke tingkat nasional dan internasional.

“Sekaligus juga menjadi vokalis mensosialisasikan program pemerintah terkait green ekonomi dan yang terbaru adalah blue ekonomi,” kata Mulku Zahari.

Lanal Kendari juga berencana mengadakan MoU dengan dinas pariwisata Sultra agar bisa bekerja sama bersinergi dalam mengembangkan bahari Sultra.

“Melalui MoU dengan Dinas Pariwisata juga diharapkan bekerja sama menggelar kegiatan yang sama di tahun-tahun yang akan datang,”tandasnya.

Sementara itu, Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno selaku Dewan Pelindung Putra Putri Maritim Indonesia mengatakan, penyelenggaraan putra-putri maritim Indonesiapertama kali digelar tahun 2016 setelah ada perintah dari Mayjend Jendral TNI (Purn) Moeldoko.

Mantan Menteri Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Indonesia itu menjelaskan, pemilihan Putra Putri Maritim Indonesia pada dasarnya merupakan suatu rangkaian kegiatan pembinaan personel dalam rangka meningkatkan kopetensi yang mengarah pada peningkatan mutu putra putri Indonesia agar menjadi lebih handal dan profesional.

“Dengan kekayaan bahari Indonesia dan Sultra khususnya bisa lebih dikenal bukan saja di level regional tetapi internasional melalui kreatifitas putra putri maritim Indonesia,” jelas Tedjo Edhy Purdijatno.

Diketahui, grand final pemilihan putra putri maritim Sultra diikuti sebanyak 42 peserta dari 17 Kabupaten dan Kota. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin, Ketua DPRD Kendari Subhan dan lain-lain. (ali).

  • Bagikan