Peduli Lingkungan, Forum Sultra Damai – Pemkot Kendari Bersihkan RTH Baruga dan Tanam Pohon Produktif

  • Bagikan
Plh Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala bersama Perwakilan Forum Sultra Damai yang juga Ketua Garda Sultra Indonesia, Alex Pangaibali dan jajaran sempatkan foto bersama usai menggelar aksi bersih di RTH Baruga, Sabtu (24/06/2023).

KENDARIPOSFAJAR.CO.ID - Forum Sultra Damai bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar aksi bersih di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Baruga, Sabtu (24/06/2023).

Kegiatan dipimpin langsung Plh Wali Kota Kendari, Ridwan syah Taridala yang didampingi Perwakilan Forum Sultra Damai sekaligus Ketua Umum Garda Sultra Indonesia, Alex Pangaibali serta diikuti beberapa perwakilan Ormas di Kota Kendari.

Plh Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengapresiasi aksi bersih RTH dan penanaman tanaman produktif kali ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami menyampaikan terima kasih atas aksi nyata yang di prakarsai Garda Sultra Indonesia yang melibatkan ormas dan media. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi semua elemen masyarakat untuk peduli terhadap pengelolaan lingkungan, " ungkap Ridwansyah Taridala.

Mantan Kepala Bappeda Kota Kendari ini berpesan kepada seluruh pihak agar bisa mencontoh kegiatan ini termasuk berperan dalam menjaga lingkungan yang telah dibersihkan oleh pemerintah dan Ormas terkait.

"Saat nya generasi muda untuk tampil dan menjadi pelopor dalam menjaga lingkungan mudah mudahan ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Himbauan kepada masyarakat, ini (RTH) ukan tempat pembuangan sampah, tetapi disini tempat kita belajar sehingga kita harus pelihara," kata Ridwansyah Taridala.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Forum Sultra Damai yang juga Ketua Gerda Sultra Indonesia, Alex Pangaibali menjelaskan tujuan aksi bersih dan penanaman bibit produktif ini merupakan bentuk kepedulian organisasi terhadap kondisi lingkungan terutama lingkungan RTH Baruga.

"Kami bergabung dengan Forum Sultra Damai karena satu semangat kami untuk melestarikan lingkungan di Sulawesi Tenggara. Kami bersatu dan mendorong generasi muda untuk bersatu peduli lah dengan lingkungan karena kita tidak tahu 20 tahun kedepan seperti apa Sultra ini, " kata Alex.

Pihaknya berkomitmen untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekaligus menghilangkan mainset negatif masyarakat terhadap Ormas.

"Ormas tidak hanya ribut, Ormas bukan hanya demo atau mau huru hara tapi Ormas mau bekerja, Ormas peduli terhadap lingkungan, Ormas bergerak untuk membangun daerah ini seperti visi misi Bapak Wali Kota Kendari yakni Kendari bergerak. Ormas bersama pemerintah untuk membangun daerah ini menjadi lebih baik, " pungkasnya. (ags)

  • Bagikan