Pemkab Konawe Antisipasi Permintaan Beras dari Jawa

  • Bagikan
Abdul Hasim

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (pemkab) Konawe mengantisipasi lonjakan permintaan beras dari Pulau Jawa. Itu disebabkan sejumlah daerah seperti Jawa Barat, tidak dalam masa panen beras. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Abdul Hasim, mengatakan, dalam kondisi seperti itu, permintaan beras Konawe dari pulau Jawa biasanya mengalami peningkatan signifikan. Sebab, Konawe dianggap sebagai salah satu daerah yang mampu menyokong kekurangan stok beras di pulau tersebut.

"Wilayah Jawa Barat, bahkan Surabaya di Jawa Timur itu sekarang lagi tidak panen. Itu perlu kita antisipasi. Jangan sampai ada permintaan beras kepada pengusaha penggilingan padi di Konawe," ujar Abdul Hasim, Senin (19/6). Mantan Camat Wonggeduku Barat (Wobar) itu menuturkan, saat ini memang belum ada permintaan sokongan beras Konawe ke Pulau Jawa. Namun ia memastikan, dalam waktu dekat ini Pemkab akan menahan suplai beras ke wilayah tersebut.

Langkah itu diambil bukan karena Konawe juga kekurangan stok beras. Melainkan, Pemkab lebih memprioritaskan pemenuhan beras domestik bagi masyarakat sekitar. "Stok beras kita aman, bahkan surplus. Buktinya kita kemarin sempat mengirim beras ke Muna Barat," tandas Abdul Hasim. (c/adi)

  • Bagikan