Jelang Idul Adha, Harga Pangan Masih Stabil

  • Bagikan
SITI SALEHA

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Harga komoditas pangan di Sulawesi Tenggara (Sultra), masih terpantau stabil jelang Hari Raya Idul Adha. Hal itu berdasarkan, hasil pemantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, kemarin.

Kepala Disperindag Sultra, Hj. Sitti Saleha mengungkapkan, harga pangan di Sultra masih terpantau stabil, baik di tingkat pengecer maupun distributor. Dia mencontohkan, komoditi beras medium, saat ini dibanderol dengan harga hanya Rp 12 ribu/kg. Selanjutnya, minyak goreng Rp 14 ribu/liter, gula pasir Rp 14 ribu/kg, telur ayam Rp 32 ribu/kg, cabai rawit Rp 34 ribu/kg, daging ayam Rp 35 ribu/kg dan daging sapi Rp 140 ribu/ kg.

“Harga pangan di Sulawesi Tenggara secara umum masih terpantau stabil. Sampel harga ini, berasal dari pantauan petugas kami di sejumlah pasar tradisional di Sulawesi Tenggara,” ungkap Sitti Saleha, kemarin.

Mantan Penjabat Bupati Bombana ini menambahkan, stabilnya harga pangan di pasar, juga tak lepas dari peran Gubernur Ali Mazi, yang menginstruksikan pelaksanaan pasar murah di sejumlah daerah di Bumi Anoa. Saleha mencontohkan belum lama ini, pihaknya telah menyelenggarakan pasar murah di lima daerah. Seperti Kendari, Bombana, Buton, Baubau, dan Kolaka Timur. “Pasar murah kita laksanakan, selain untuk membant u masyarakat memenuhi kebutuhannya, juga dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi daerah,” jelasnya.

Guna menjaga stabilisasi harga tetap terjaga, pihaknya menjelang hari raya Idul Adha atau tepat pada H-7, akan melaksanakan sidak di sejumlah pasar tradisional, distributor bahan pangan, dan ritel modern yang ada di Sultra. “Kita akan melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap aktivitas perdagangan. Kami pastikan, harga pangan tetap stabil sehingga bisa dijangkau masyarakat. Kita pastikan juga pedagang tidak menaikan harga, dengan alasan momen lebaran. Kalau kita temukan jelas akan diberikan sanksi, “ tegasnya. (b/ags)

  • Bagikan