Asmawa Tingkatkan Kapasitas SDM Damkar

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kiri) usai menyematkan atribut kepada salah satu perwakilan peserta dalam pembukaan Diklatsar Damkar di pelataran kantor Dinas Damkar Kota Kendari, Senin (19/6), kemarin.


Mendukung Pencapaian Tugas Pelayanan kepada Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kapasitas personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari yang mumpuni turut berkontribusi dalam pencapaian tugas pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Tak heran jika Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memberi perhatian pada peningkatan kapasitas personel Damkar, termasuk fasilitas penunjangnya.

Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa memberikan 1 unit mobil operasional kepada Dinas Damkar Kota Kendari, Senin (19/6), kemarin. "Kehadiran unit damkar ini diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja dan profesionalitas sumberdaya aparatur lingkup Dinas Damkar Kendari," ujarnya dalam acara pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) personel Damkar.

Diklatsar itu tidak hanya diikuti personel Dinas Damkar Kota Kendari, namun diikuti oleh 4 daerah lain yakni personel Damkar Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Buton Tengah (Buteng), Konawe Utara (Konut) dan Damkar Kabupaten Kolaka. Diklatsar digelar di pelataran kantor Dinas Damkar Kota Kendari, kemarin.

Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, pelaksanaan Diklatsar sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas SDM aparatur untuk melaksanakan fungsi atau tugas pemerintahan, sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Harapannya melalui pelatihan dasar ini seluruh peserta dapat menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya terkait dengan pemahaman dasar tentang pemadaman kebakaran,” kata Pj.Wali Kota, Asmawa.

Kepala Biro Umum Sekretariat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menyampaikan terima kasih kepada 4 kabupaten yang mendukung dan berpartisipasi mengikuti Diklatsar bersama Pemkot Kendari.

“Ini merupakan amanah yang telah dipercayakan kepada Dinas Damkar Kota Kendari sebagai penyelenggara. Tentu hal-hal semacam ini perlu terus dikembangkan dalam rangka membangun kolaborasi. Dengan kerja sama semacam ini maka akan tercipta soliditas dan solidaritas antaraparatur Damkar yang ada di Sultra,” jelas Pj.Wali Kota, Asmawa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Damkar Kota Kendari, Abdul Rifai mengungkapkan Diklatsar dilaksanakan selama 2 hari, terhitung 19 Juni hingga 20 Juni 2023 (hari ini,red).

"Dalam Diklatsar, peserta akan diedukasi tentang pengendalian dan penanggulangan kebakaran menggunakan Apar (Alat Pemadam Api Ringan), cara memproteksi kebakaran melalui system hydran, detektor kebakaran termasuk pengenalan K3 (Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan)," ujar Abdul Rifai. (ags/b)

  • Bagikan