Antam Komitmen Kurangi Penggunaan Plastik

  • Bagikan
Business Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro (kanan) saat melakukan penanaman pohon di Bukit Rubicon, Tambang Tengah.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) terus menunjukkan komitmennya untuk menjaga lingkungan. Terbaru, perusahaan pelat merah tersebut meminta seluruh jajarannya untuk mengurangi penggunaan plastik. "Mulai 5 Juni 2023 dalam rangka hari lingkungan hidup, semua karyawan tidak ada lagi yang menggunakan air minum kemasan. Karena air minum kemasan itu akan menimbulkan sampah plastik," kata Business Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro, kemarin.

Ridho mengatakan, karyawan Antam harus menjadi contoh dalam menjaga lingkungan hidup. Olehnya itu, Ia mengajak untuk mengkampanyekan pengurangan plastik di lingkungan Antam dengan tidak menggunakan air kemasan. "Area kerja masing-masing sudah mulai dikampayekan. Kalau awalnya sediakan air kemasan, sekarang bisa diganti dengan menyediakan dispenser dan lain sebagainya. Sekarang perusahaan-perusahaan di luar Kabupaten Kolaka sudah begitu mengurangi penggunaan plastik. Jadi, kita harus bisa memberikan contoh yang baik. Karena kalau kita sendiri tidak lakukan, maka mau harap siapa lagi," pesannya.

Untuk mengurangi sampah, Ridho juga mengingatkan karyawan untuk memilah sampah organik dan sampah nonorganik. Tidak hanya itu, kedepan pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Nampah, yang merupakan salah satu kelompok peduli sampah.
"Kerja sama dengan Nampah untuk program pemilahan sampah. Namanya nanti adalah kampung ramah lingkungan. Nanti ada kelompok yang diterbitkan melalui surat keputusan (SK) kelurahan, integrasinya dengan Dinas Lingkunagn Hidup. Sekali lagi, saya katakan bahwa ini adalah budaya yang membutuhkan konsisten dan orang-orang memang mau melakukannya agar bisa dilanjutkan oleh penerusnya," ujar Ridho.

Terkait agenda hari lingkungan hidup ini, selain mengampanyekan pengurangan plastik, Antam juga melakukan aksi penanaman pohon. "Jadi, 5 Juni itu kami melakukan penanaman pohon di Bukit Rubicon Tambang Tengah. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh pegawai, mitra, dan serikat pekerja yang ada di Antam," bebernya. (c/fad)

  • Bagikan