73 JCH Muna Diberangkatkan Juni

  • Bagikan
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Muna, Kammarudin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 73 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Muna akan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar ke tanah suci, 11 Juni 2023. Sebanyak 29 laki-laki dan 44 perempuan itu tergabung kloter 28. Kesehatan mereka telah diperiksa, sebelum berangkat menunaikan salah satu rukun islam. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Muna, Kammarudin mengatakan JCH tersebut sebelumnya sudah melalui beberapa tahapan manasik haji. Dengan begitu, mereka punya bekal dalam menjalankan ibadah haji. Pemeriksaan kesehatan juga sebelumnya sudah dilakukan. Saya juga mengingatkan kepada JCH agar menjaga kesehatan sehingga proses keberangkatannya nanti dapat berjalan dengan baik. Karena Madinah dan Mekkah itu cuacanya berbeda dengan tanah air,” kata Kammarudin, Kamis (25/5).

Dia menambahkan, tahun ini JCH di Kabupaten Muna mayoritas berusia lanjut. Untuk JCH tertua yakni 72 tahun berasal dari Kecamatan Tongkuno. Sedangkan usia termuda yakni 29 tahun berasal dari Kecamatan Kabangka. “Untuk profesi mereka beragam mulai dari kalangan ASN, nelayan, pensiunan hingga pedagang. Tentunya untuk melaksanakan haji, mereka sudah melewati penantian dan antrean panjang, sekira 10 hingga 15 tahun. Namun, bagi masyarakat yang ingin mendaftar saat ini daftar antriannya mencapai sekitar 20 tahun bahkan lebih,” paparnya.

Mantan Kepala Kemenag Muna Barat itu berharap, agar jemaah haji saling bantu membantu selama perjalanan ibadah haji nanti. Tujuanya, agar bisa memberikan manfaat sesama calon haji selama berada di tanah suci. Harapannya juga, bagi jemaah haji yang didominasi lansia dapat melaksanakan ibadah haji dengan tertib, sesuai rukun serta syarat haji. “Saya berharap, para JCH terus diberikan kesehatan sebelum dan setelah kembali ke tanah air. Sehingga berangkat dengan jumlah 73 orang, pulangnya pun berjumlah yang sama. Selain itu, mereka mendapatkan haji yang mabrur. Serta keluarga yang ditinggalkan tetap mendoakan keselamatan mereka selama menjalankan ibadah haji,” pungkasnya. (deh/b)

  • Bagikan