Pemkab Koltim Siap Salurkan 1.600 Bibit Durian

  • Bagikan
Abdul Azis

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 1.600 pohon bibit durian musangking disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) untuk disalurkan kepada petani. Pengadaan bibit durian tersebut dialokasikan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Koltim tahun 2023 dari target penyaluran 10 ribu pohon selama beberapa tahun kedepan.

Plt. Bupati Koltim, Abdul Azis, menyampaikan, prospek bertanam durian musangking cukup berpotensi membangun ekonomi masyarakat yang lebih baik kedepannya. Apalagi harga durian musangking sangat bagus dan menjanjikan jika dijual di pasaran.

"Pengembangan sektor perkebunan dan pertanian terus kita dukung melalui program kerja maupun pengadaan bibit. Salah satunya durian musangking ini untuk mendukung gerakan menanam 10 ribu pohon di Koltim. Mudah-mudahan durian musangking ini bisa membantu masyarakat ketika berhasil nanti," kata Azis, Selasa (23/5).
Sementara itu Kadis Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba, mengatakan, bantuan bibit durian musangking akan mulai disalurkan bulan ini.

"Programnya bukan 10 ribu pohon untuk tahun ini, tetapi bertahap hingga lima tahun ke depan. Minggu depan baru penyaluran karena lahan pekarangan warga sepanjang poros Desa Tumbudadio hingga Lalingato perlu diverifikasi, utamanya jarak dari sempadan jalan," kata Lasky Paemba, kemarin. Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Koltim itu menyampaikan, gagasan menanam 10 ribu durian musangking tersebut merupakan bagian gerakan membangun dan melayani masyarakat (Gemas).

"Sasarannya pekarangan rumah warga yang berdomisili di sepanjang poros jalan nasional, mulai dari Desa Tumbudadio sampai Lalingato yang memungkinkan untuk ditanami tanaman produktif durian, serta lahan tidur milik masyarakat yang berada pada tiga kecamatan akan diploting menjadi kawasan sentra durian musangking. Mulai dari Tirawuta, Loea dan Lalolae," tandas Lasky Paemba. (c/kus)

  • Bagikan