Sambut Nyepi, Pawai Ogoh-Ogoh

  • Bagikan
Plt Bupati Koltim, Abdul Azis (tengah) bersama Istri, Hartini Azis ketika menghadiri pawai ogoh-ogoh yang dipusatkan di Desa Tasahea, Kecamatan Tirawuta.

KEDNARIPOS.CO.ID -- Menyambut Hari Raya Nyepi tahun Baru Saka 1945 pada 2023 ini, umat Hindu di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) merayakan dengan menggelar pawai ogoh-ogoh di Desa Tasahea, Kecamatan Tirawuta. Ritual keagamaan tersebut turut dihadiri langsung Plt. Bupati, Abdul Azis didampingi Ketua TP-PKK Koltim, Hartini Azis dan jajaran Forkompimda. Dalam kesempatan tersebut, Abdul Azis menyampaikan, pawai ogoh-ogoh merupakan bentuk pelestarian budaya umat Hindu yang sudah dikenal sejak dulu dan terus dijalankan hingga saat ini. Ia mengapresiasi pelaksanaan pawai dapat berjalan sukses dan meriah.

"Persatuan dan persaudaraan atar sesama umat Hindu maupun di luar umat, supaya bisa ditingkatkan. Pawai ogoh-ogoh sebagai budaya yang harus dilestarikan serta dijaga keberlanjutannya," kata Abdul Azis, akhir pekan lalu. Sementara itu Pemangku Adat Desa Dwi Eka Dharma, Mangku Made Mardika, mengatakan, pawai budaya ogoh-ogoh bertujuan untuk melestarikan budaya umat Hindu yang diselenggarakan sebelum hari raya Nyepi.

"Ogoh-ogoh ini akan diarak keliling desa dan dibakar. Maksudnya agar perilaku buruk atau negatif yang ada pada diri manusia itu terbakar habis bersama ogoh-ogoh tersebut," jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Koltim, Hartini Azis, mengapresiasi para wanita umat Hindu yang mengikuti kegiatan pawai budaya ogoh-ogoh dan parade budaya. "Saya sangat mendukung helatan seperti ini. Semoga pawai budaya ini bisa meningkatkan persaudaraan kita di Kolaka Timur, " imbuhnya. (b/kus)

  • Bagikan