Proyek Kebun Raya di Kolaka Dimulai

  • Bagikan
Sjamsul Kadar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kedatangan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochammad Basuki Hadimoeldjono, beserta jajarannya ke Kolaka beberapa waktu lalu, memberi angin segar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Pasalnya, dalam kunjungannya tersebut, Kementerian PUPR akan membantu percepatan pembangunan kebun raya di Desa Lalonggolosua, Kecamatan Tanggetada. "Kebun raya sudah dintervensi oleh Kementerian PUPR. Kami sudah melakukan komunikasi dengan Menteri PUPR saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kolaka baru-baru ini," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka, Sjamsul Kadar, kemarin.

Kata Kadar, pengerjaan infrastruktur di kebun raya akan mulai dilaksanakan tahun 2023 ini. Infrastruktur yang akan diselesaikan pada tahun ini diantaranya adalah jalan masuk, rumah kaca untuk tanaman, dan sekretariat. "Jadi saat ini tinggal menunggu MoU (nota kesepahaman) antara Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan Kementerian PUPR. Jika itu sudah ada, maka Kementerian PUPR akan membangun infrastruktur di kebun raya," jelas Kadar.

Untuk diketahui, kebun raya yang dibangun tersebut bertujuan untuk menjadi pusat konservasi, sentra penelitian tumbuhan dan tanaman endemik, pusat pembibitan tumbuhan, pusat edukasi dan tempat rekreasi. Di lokasi tersebut nantinya akan ada sejumlah flora asli hutan Kolaka seperti kayu kuku, kalapi, eha, meranti dan anggrek sorume. (c/fad)

  • Bagikan