Harga Beras Naik, Pemkab Buton Intervensi Pasar

  • Bagikan
Pj Bupati Buton, Basiran (kedua dari kanan) saat berbincang dengan salah seorang pedagang terkait kenaikan harga bahan pokok, jelang Ramadan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sudah menjadi hal jamak, jika jelang Ramadan terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok. Itu karena permintaan masyarakat akan tinggi, sehingga permainan harga sulit dihindari. Seperti yang terjadi di Kabupaten Buton, harga barang mulai dikeluhkan pembeli sejak sepekan menuju bulan puasa.

Pj. Bupati Buton, Basiran, menyempatkan waktu untuk mengecek harga di pasaran. Baik di Pasar Sabho maupun Kaloko (pasar tradisional di Buton). Ditemukan, harga sejumlah bahan pokok sama-sama mengalami kenaikan signifikan.

"Seperti beras, dari Rp 8 ribu perliter menjadi Rp 12 ribu. Itu lumayan tinggi juga. Sementara ini kebutuhan pokok," katanya, akhir pekan lalu.

Untuk masalah itu, Basiran sudah menginstruksikan kepada pihak Dinas Ketahanan Pangan untuk berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk menawarkan opsi-opsi strategis menyelesaikan persoalan tersebut. "Kita agendakan operasi pasar nanti. Kemudian masalah beras, pemerintah harus beli beras dari petani lokal," tambahnya. (c/lyn)

  • Bagikan