Pemkab Konsel Maksimalkan Serapan Anggaran 2023

  • Bagikan
H. Surunuddin Dangga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) harus bermanfaat bagi masyarakat. Penegasan itu disampaikan Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga. Makanya, semua program dikonsentrasikan untuk merealisasikan kegiatan yang pro rakyat. Olehnya itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Konsel diminta memaksimalkan serapan APBD tahun 2023. Konsel-1 itu mengatakan, ia akan melakukan langkah strategis untuk memaksimalkan serapan APBD tersebut. Tahun 2023, pemerintah lebih meningkatkan kinerja dalam rangka percepatan pembangunan.

"Maksimalkan serapan anggaran. Saya mengajak seluruh aparatur untuk meningkatkan kinerja dengan berinovasi dalam meraih prestasi pada masing-masing OPD. Ini yang perlu kita tingkatkan untuk menjadi pekerjaan kita bersama," ungkapnya, Kamis (12/1). Sementara itu Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel, Mujahidin, mengungkapkan, serapan APBD tahun 2022 secara umum berada pada angka di atas 83 persen. Tak mencapai 100 persen karena salah satunya disebabkan terdapat sisa belanja pihak ketiga yang belum terserap.

"Secara akumulatif pagu anggaran tahun 2022 yakni Rp 1,8 triliun. Yang terserap kurang lebih Rp 1,5 triliun atau kisarannya 83,21 persen," rinci Mujahidin. Sedangkan untuk APBD tahun 2023 ini, lanjutnya, kurang lebih Rp 1,7 triliun yang dialokasikan kepada seluruh OPD. Harapannya serapan tahun 2023 tak ada kendala. "Pastinya kita inginkan anggaran tersebut bisa terserap secara normal tiap triwulan. Semoga serapan APBD tahun 2023 bisa di atas 90 persen," pungkasnya. (b/ndi)

  • Bagikan