Gubernur Tunggu Kesiapan Presiden Resmikan Tiga Mega Proyek

  • Bagikan

--Melobi Presiden
--Gubernur Ingin Presiden Resmikan Tiga Mega Proyek

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dua periode menjabat Gubernur Sultra, Ali Mazi kerap mendatangkan presiden di Sultra, sejak era Presiden SBY hingga Presiden Jokowi. Tahun ini, sang gubernur bertekad menghadirkan Presiden Jokowi untuk meresmikan tiga mega karya spektakulernya. Gubernur Ali Mazi piawai mengangkat muruah dan prestise daerahnya di mata provinsi lain di nusantara.

Tiga mega karya spektakuler yang bakal diresmikan Presiden Jokowi adalah jalan wisata Kendari-Toronipa, perpustakaan modern bertaraf internasional dan Rumah Sakit (RS) Jantung. Pekerjaan fisik tiga mega proyek itu sudah tuntas. "Saya kira kemungkinan bulan Februari (agenda peresmian)," ujar Gubernur Ali Mazi kepada Kendari Pos, Kamis (12/1), kemarin.

Dalam waktu dekat, Gubernur Sultra dua periode itu akan melobi Presiden Jokowi agar berkenan menjejak Sultra dan meresmikan karyanya bersama Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas.

"Saya akan koordinasi dengan Sekretaris Negara (Sekneg) dan menghadap Presiden untuk meminta kesediaan beliau untuk meresmikan tiga mega proyek itu. Setelah waktunya sudah ada, baru kita akan jadwalkan (peresmiannya),” kata Gubernur Ali Mazi.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul berharap tiga mega proyek Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) diresmikan Presiden Jokowi.
"Pembangunan fisik RS Jantung sudah tuntas. Tinggal kesiapan alat kesehatan (Alkes) saja dan kita harap bisa secepatnya kelar," ujarnya.

Menurut Pahri Yamsul, terkait agenda peresmian tiga mega proyek itu, instansi yang terlibat langsung yakni Dinas Kesehatan Sultra, Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, serta Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Abu Bakar mengatakan, jalan wisata Kendari-Toronipa tuntas 100 persen. Bahkan kini dapat diakses masyarakat. Hadirnya jalan wisata itu mendongkrak tingkat kunjungan masyarakat berwisata ke Pantai Toronipa pada libur akhir tahun 2022. "Sejak tahun 2022, masyarakat sudah memanfaatkan jalan wisata Kendari-Toronipa itu,” ungkapnya.

Abu Bakar berharap, hadirnya jalan wisata itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Sultra. "Semoga kawasan wisata Toronipa menjadi kawasan wisata yang besar di masa mendatang sehingga ekonomi masyarakatnya meningkat,” tutup Abu Bakar. (rah/c)

  • Bagikan