Tingkatkan Kualitas SDM, Peternakan UHO Gandeng 29 Perusahaan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan lembaga atau institusi adalah kualitas sumber daya manusia (SDM). Menyadari hal itu, pihak Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (FPt UHO) terus melakukan berbagai upaya dalam rangka mendorong kualitas SDM nya. Salah satunua dengan menggandeng 29 perusahaan baik skala lokal maupun internasional.

Dekan FPT UHO, Dr. Ir. Ali Bain, M.Si.,
mengatakan untuk membangun SDM yang unggul dan kompeten, tidak bisa diwujudkan tanpa melibatkan stakeholder, dalam hal ini pelaku industri dan dunia kerja. Pasalnya, diera sekarang dibutuhkan generasi yang berkompeten di bidang masing-masing.

"Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 29 perusahaan yang ada. Agar SDM di FPT UHO itu terus meningkat. Tujuan kerja sama yang kami lakukan itu agar pengeluaran FPT UHO tidak lagi kaget dengan dunia pekerjaan," ujarnya.

Untuk meningkatkan SDM, lanjut dia, dirinya terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, baik itu perusahaan industri maupun dinas terkait.

"Upaya ini kami lakukan itu agar mahasiswa kami yang melakukan pemagangan di tempat tersebut dapat betul-betul belajar dan mengabdikan dirinya. Sehingga pada saat di dunia kerja itu tidak canggung lagi," bebernya.

Ali Bain menyebut pihaknya juga melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di FPT baik itu dosen maupun mahasiswa. Sehingga dosen dan mahasiswa dapat mengajar serta belajar dengan nyaman. "Kami juga mengadakan uji kompetensi bagi mahasiswa yang akan lulus bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dimana dalam uji kompetensi ini dilakukan sesuai dengan minat mahasiswa," jelasnya.

Generasi muda harus meningkatkan potensi serta kemampuannya khususnya di bidang teknologi. Karena dunia pekerjaan sekarang membutuhkan SDM yang unggul dan mampu berteknologi. "Diharapkan dengan berbagai upaya ini. Ke depannya banyak calon-calon mahasiswa yang minat untuk menempuh pendidikan di FPT," tandas Dekan FPt UHO tersebut. (win/b)

  • Bagikan