Sekda Kolaka Timur Optimis, Sampai Tutup Tahun Serapan Anggaran Bisa Mendekati 100 Persen

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Tiga hari lagi tahun 2022 berakhir. Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), sudah merealisasikan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) sebesar Rp 657 miliar lebih, dari total pagu anggaran Rp 840 miliar tahun ini. Kalau dipersentasekan, sudah mencapai angka 78,16 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa menjelaskan, serapan anggaran sudah mencapai 78,16 persen. Itu sesuai data terakhir, Jumat, 23 Desember 2022. Menurutnya, serapan anggaran terus bergerak menjelang akhir tahun ini, sebab proses pencairan dipercepat.

"Masih menunggu data terakhir, rilnya serapan anggaran tahun ini. Pastinya, Pemkab Koltim berupaya agar serapan mencapai 100 persen di akhir bulan ini," kata Andi Muh. Iqbal Tongasa, kemarin.

Andi Iqbal berharap, menjelang tutup tahun 2022, realisasi anggaran pendapatan belanja daerah terus dimaksimalkan. Utamanya pekerjaan fisik yang tahap akhir, bisa menaikan serapan anggaran daerah. Dia mengaku, pantauan di lapangan, pekerjaan fisik yang dikerjakan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak ada potensi menyeberang tahun, semua selesai tahun ini.

"Saya sudah pantau proyek fisik, tidak ada yang menyeberang tahun. Mudah-mudahan serapannya naik. Karena jeda dari 23 sampai 27 Desember belum disampaikan. Insya Allah, SP2D serapan makin naik. Saya optimis bisa meningkat terus realisasi belanja sebelum berakhir tahun ini," terangnya.

Dia menambahkan, jika serapan anggaran maksimal, maka pembangunan juga optimal. Sehingga, daerah semakin maju. "Itu yang terus kita dorong ke depannya," imbuhnya. (kus/b)

  • Bagikan