Abdul Azis Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur, Pendidikan, hingga Pertanian

  • Bagikan
Plt.Bupati Koltim Abdul Azis (tengah) blusukan di wilayahnya untuk mengetahui infrastruktur yang dibutuhkan masyarakatnya. Plt.Bupati Abdul Azis membangun Koltim dengan mengedepankan program Gemas untuk mengakselerasi pembangunan Koltim lebih maju. KUSDIN / KENDARI POS

--Plt.Bupati Abdul Azis Membangun Koltim dengan Gemas 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis punya cara tersendiri untuk membangun daerahnya. Konsepsi pembangunan yang digencarkan Abdul Azis dikemas dalam program Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas) pada tahun 2023.

Program pembangunan prioritas tahun 2023 sudah tertuang dalam Gemas tersebut. Plt.Bupati Koltim Abdul Azis mengatakan program Gemas dihadirkan untuk membawa perubahan dan mengakselerasi pembangunan Koltim lebih maju.

Pria yang juga Wakil Bupati Koltim itu menjelaskan, program Gemas harus menyentuh langsung kebutuhan dasar masyarakat sampai pelosok desa. "Kabupaten Koltim ini masih banyak perlu pembenahan dan perbaikan secara berkala, terutama pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pertanian," ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Plt. Bupati Abdul Azis menegaskan, Gemas hadir untuk mempercepat terwujudnya visi sejahtera bersama masyarakat Koltim yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan. Sekaligus mewujudkan pembangunan berkualitas, akuntabel dan terukur.

"Berangkat dari niat tulus saya membangun daerah ini, maka Koltim harus cepat bangkit, tumbuh sejajar dengan daerah lain di Sultra. Saya berharap, semua stakholder untuk bersinergi membangun Koltim lebih maju lagi," kata Plt.Bupati Abdul Azis.

Terpisah, Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa menyampaikan, penyusunan rencana APBD tahun 2023 lebih diutamakan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, dan drainase.

Selain itu, pembangunan jangka menengah daerah dan visi misi bupati terpilih tetap menjadi perhatian Pemkab Koltim. Sebut saja, bantuan Rp50 juta per desa, bantuan untuk rumah ibadah, bantuan organisasi masyarakat (Ormas).

"Kita sudah persiapkan dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Pemda juga mengalokasikan dana hibah untuk KPU dan Bawaslu Koltim. Pemda juga tetap memperhatikan penganggaran untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 20 persen, Dinas Kesehatan dan Inspektorat sesuai dengan ketentuan," beber Sekda Andi Muh.Iqbal kepada Kendari Pos.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas PU dan Perhubungan Koltim, Arisman merinci Bidang Binamarga mendapat alokasi DAK sekitar Rp24,5 miliar tahun 2023, sementara tahun 2022 hanya Rp6 miliar saja. Bidang Cipta Karya mendapat alokasi DAK Rp14 miliar tahun depan. Total DAK di dinas teknis itu sekira Rp38 miliar lebih tahun 2023.

Arisman mengatakan, anggaran yang bersumber dari DAK itu akan digunakan membangun jalan dan jembatan, drainase dan perpipaan. Dia berharap, anggaran pembangunan itu terserap maksimal untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

"Memang dana DAK kita tahun depan sudah naik dibandingkan tahun lalu. Mudah-mudahan kedepannya bisa ditambah lagi dana pembangunan Koltim. Apalagi daerah ini masih sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar lebih baik," kata Arisman. (kus/b)

  • Bagikan