BPS Sultra Merajut Semangat, Siap Sukseskan Sensus Pertanian 2023

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra menggelar sosialisasi pemantapan menghadapi giat nasional sensus pertanian pada Mei 2023. Giat dengan tema ' Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani Sulawesi Tenggara ' dilaksanakan di Swiss-belhotel Kendari, Kamis (27/10).

Saat membuka kegiatan, Kepala Bagian Umum BPS Sultra, Wa Ode Sri Marjanawati Oba mengatakan, sensus pertanian pada 2023 mendatang dilakukan dengan tujuan mencatat seluruh aktifitas pertanian Indonesia guna mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

"Mereka yang di data adalah seluruh pelaku usaha Pertanian, baik perorangan, kelompok maupun perusahaan Pertanian berbadan hukum di seluruh wilayah Indonesia, " ujarnya.

Dijelaskan, pelaksanaan sensus Pertanian nantinya bakal dimulai pada Mei 2023. Sensus Pertanian ini merupakan pelaksanaan ketujuh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali sejak 1963 yang dilaksanakan oleh BPS.

"Sensus pertanian bakal dimulai pada tanggal 1 sampai 30 Mei 2023. Dalam sensus ini, masyarakat tentu harus menerima petugas sensus dan menjawab pertanyaan petugas sensus dengan benar dan jujur, "katanya

Sosialisasi sensus Pertanian kali ini menghadirkan pemateri Prof. Dr. Ir. Azhar Bafadal, M. Si (guru besar UHO), La Ode Syaifudin SP MSI, (Sekretariat dinas perkebunan dan hortikultura provinsi Sultra), Ir. Hj. Kartini MP (sekretaris dinas tanaman pangan dan peternakan provinsi Sultra) dan Ir. Rita Setiawati MM (Statistik Ahli Madya Direktorat Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan BPS), dengan moderator Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin.(rah)

  • Bagikan