Irjen Teddy Minahasa Batal Jadi Kapolda Jawa Timur

  • Bagikan
Irjen Pol Teddy Minahasa

Kendati demikian Kapolri Jenderal Sigit belum menyampaikan perwira yang akan menjadi Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Pol Nico Afinta. “Saya ganti dengan pejabat baru,” jelasnya.

Saat ini, Irjen Pol Teddy masih dilakukan penempatan khusus (patsus) di Div Propam Polri. Apabila proses pidana sudah berjalan, dan Teddy ditetapkan sebagai tersangka, maka akan beralih statusnya menjadi tahanan. “Tadi pagi sudah dilaksanakan gelar, untuk sekarang dinyatakan terduga pelanggar dan sudah di patsus. Apabila tersangka akan dipindahkan menjadi tahanan di Polda Metro Jaya,” jelas Kapolri Jenderal Sigit.

Kapolri Jenderal Sigit mengatakan, kasus ini berawal dari pengungkapan kasus narkoba oleh Polda Metro Jaya beberapa waktu yang lalu. Petugas berhasil mengamankan 3 orang masyarakat sipil.

“Kemudian dilakukan pengembangan ternyata melibatkan anggota polisi berpangkat Bripka dan juga berpangkat Kompol jabatan Kapolsek,” kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/10).

Usai dikembangkan lagi, petugas menemukan keterlibatan perwira berpangkat AKBP yang berstatus sebagai mantan Kapolres Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dari keterangan lanjutan, ditemukan indikasi keterlibatan Irjen Teddy. “Atas dasar itu kemarin saya minta Kadiv Propam untuk menjemput dan memeriksa Irjen TM,” jelas Kapolri Jenderal Sigit.

Penyidik pun melakukan gelar perkara. Akhirnya memutuskan Irjen Teddy sebagai pelanggar. Kini dia dilakukan penempatan khusus (patsus) di Div Propam Polri untuk menjalani sidang kode etik profesi Polri (KEPP) dan proses pidana. “Saya minta Kapolda Metro untuk melanjutkan penanganan kasus ini. Apakah itu sipil, apakah itu Polri, proses etik dan pidana,” pungkas Kapolri Jenderal Sigit. (jpg)

Irjen Pol Teddy Minahasa, Kapolda Sumatera Barat

  • Bagikan