Menko Airlangga Menguatkan Ekonomi Nasional

  • Bagikan
Airlangga Hartarto

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sektor perdagangan, investasi, dan industri merupakan motor penggerak perekonomian nasional suatu negara, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menguatkan fundamental perekonomian nasional melalui tiga sektor itu.

Menko Airlangga Hartarto mengatakan, kemampuan industri menjadi unsur utama bagi ketahanan ekonomi sebuah negara di masa pandemi. Negara yang memiliki indeks kinerja industri yang sangat kompetitif menjadi negara yang lebih kompetitif dan lebih tangguh dalam menghadapi tantangan di masa pandemi.

Industri akan mendorong penciptaan lapangan kerja, dan memerlukan sektor perdagangan dalam distribusi, serta mendorong peningkatan investasi. Forum G20 harus mendorong upaya peningkatan di sektor industri, perdagangan dan untuk lebih menarik investasi.

"Ini seruan bagi negara-negara G20 untuk bekerja sama lebih baik lagi dalam memberikan dukungan yang diperlukan guna mendorong aspek-aspek industri dan perdagangan yang mengadopsi teknologi, khususnya di negara-negara berkembang,” kata Menko Airlangga dalam Trade, Investment, and Industry Miniterial Meeting yang menjadi rangkaian kegiatan G20 di Nusa Dua Bali, Kamis (22/9), kemarin.

Dalam pertemuan itu, Menko Airlangga menyampaikan pandemi Covid-19 telah mempercepat transformasi digital, termasuk perdagangan digital, yang meliputi pembayaran digital dan layanan pengiriman digital.

  • Bagikan