DLHK Kendari Butuh Tambahan 162 “Pasukan Kuning”

  • Bagikan
Seiring perkembangan Kota Kendari, keberadaan petugas kebersihan sudah perlu ditambah. Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari masih kekurangan 162 personil

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kendari terus berkembang menuju kota modern. Seiring perkembangan, keberadaan petugas kebersihan sudah jauh dari kata ideal. Apalagi populasi warga metro kian bertambah disertai kawasan pemukiman yang semakin luas. Padahal kontribusi "pasukan kuning" ini begitu besar dalam menjaga kebersihan dan menata wajah kota. Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari masih kekurangan 162 personil

Kabid Kebersihan DLHK Kota Kendari Prayitno Riyadi mengatakan berencana merekrut petugas kebersihan. Dengan berkembangnya kota, semakin banyak titik yang harus ditangani. Sejauh ini, DLHK hanya fokus di jalan utama saja. Makanya, beberapa jalan tidak terpantau.

"Kami belum bisa menjangkau semuanya. Namun dengan tambahan personil, kami akan masuk di gang-gang. Jadi, tak hanya jalan utama saja yang harus dijaga kebersihan lingkungannya," ujar Prayitno Riyadi kepada Kendari Pos, Minggu (7/8).

Saat ini, DLHK memiliki 252 petugas kebersihan. Rinciannya, 177 penyapu jalan, 46 pembersih drainase, 16 pembersih kali dan 13 pembersih pesisir pantai. Jika melihat kebutuhan, pihaknya masih butuh 162 petugas kebersihan. Terdiri dari 73 penyapu jalan, 24 pembersih drainase, 54 pembersih kali dan 13 pembersih pesisir pantai.

"Dengan keterbatasan personil, penyapu jalan hanya bertugas di jalan poros saja. Kalau di lorong kami tidak terjangkau. Walaupun kurang, kami masih terus berupaya semaksimal mungkin sampah di Kendari ini dapat teratasi dengan baik. Alhamdulillah, sampai saat ini masih bisa ditangani," ujarnya.

Untuk memudahkan petugas kebersihan, warga diminta tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, buang sampah di TPS tepat waktu. Dengan begitu, tak ada penumpukan sampah di TPS. Peran masyarakat akan membantu meringangkan pekerjaan petugas kebersihan. (b/win)

Kebutuhan dan Komposisi Pasukan Kuning

  1. Penyapu Jalan
    -177 Personil
    -Butuh Tambah 73 Personil
  2. Pembersih Drainase
    -46 Personil
    -Butuh Tambahan 24 Personil
  3. Pembersih Kali
    -16 Personil
    -Butuh Tambahan 54 Personil
  4. Pembersih Pesisir Pantai
    -13 Personil
    -Butuh Tambahan 13 Personil
  • Bagikan