Andi Nirwana Dorong Pembentukan RTH

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kab.Bombana, Andi Nirwana Sebbu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ketua TP PKK Kabupaten Bombana, Andi Nirwana Sebbu menghijaukan Bombana tak sia-sia. Sejak tahun 2018, Andi Nirwana menggaungkan pemanfaatan setiap ruang terbuka hijau (RTH) disetiap kecamatan. Kini, seluruh kecamatan se-Kabupaten Bombana memiliki RTH yang indah. Taman didesain indah dan ditanami beragam kembang, sedangkan pekarangan rumah warga ditanami beragam sayuran.

Andi Nirwana yang juga Anggota DPD RI selalu menstimulasi pemanfaatan RTH kecamatan. Caranya dengan menggelar lomba pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau dan pekarangan. Lomba itu digelar setiap tahunnya.
Seluruh kecamatan wajib ikut lomba dan pemenangnya diberi hadiah berupa uang pembinaan.

"Program RTH kecamatan merupakan salah satu program unggulan PKK Bombana yang bertujuan untuk menciptakan ruang hijau sebagai ruang publik yang bisa digunakan masyarakat. Selain itu, adanya RTH di setiap kecamatan bisa memberikan kesan asri nan menghijau," ujar Andi Nirwana kepada Kendari Pos, kemarin.

Andi Nirwana berharap, RTH yang ada saat ini terus dijaga dengan baik agar bisa dimanfaatkan masyarakat. Terlebih lagi, lomba penilaian RTH dan pemanfaatan pekarangan kemungkinan tidak berlanjut tahun berikutnya, sebab tugasnya sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Bombana berakhir 22 Agustus 2022. “Apa yang ada saat ini sebisa mungkin bisa dijaga dengan baik,” pintanya.

Menurut Andi Nirwana, lomba program RTH bukan semata-mata terfokus pada meraih nilai yang baik dan menjadi juara. Lebih dari itu agar pekarangan yang lowong dapat dimanfaatkan menjadi sumber pangan harian, sekaligus sumber daya ekonomi dan sehat yang bermanfaat bagi keluarga. “Sekecil apapun pekarangan yang kita miliki bisa kita manfaatkan dengan menanam berbagai macam jenis tanaman,” tuturnya.

Baru-baru ini, Ketua TP PKK Bombana Andi Nirwana, dan Bupati Bombana Tafdil, bersama tim penilai melakukan penilaian pada lomba RTH dan pemanfaatan pekarangan di enam kecamatan di Pulau Kabaena.
Setiap kecamatan berlomba menunjukan RTH yang indah, unik dan nyaman.

Bupati Bombana Tafdil, mengapreiais program RTH kecamatan yang diinisiasi Andi Nirwana. Terlebih lagi, RTH ini dapat menjadi ruang interaksi masyarakat dan taman bermain anak-anak. “Harapan saya apa yang ada ini dapat terus dijaga agar bisa terus digunakan masyarakat,” ujar Bupati Tafdil. (idh/b)

  • Bagikan